7 Tantangan Militer Korea Selatan jika Berperang Melawan Korea Utara pada 2024

Minggu, 31 Desember 2023 - 19:19 WIB
loading...
7 Tantangan Militer Korea Selatan jika Berperang Melawan Korea Utara pada 2024
Militer Korea Selatan menyimpan banyak masalah. Foto/Reuters
A A A
SEOUL - Jika Korea Utara berperang melawan Korea Selatan pada 2024, maka dunia akan berguncang. Pasalnya, Korea Utara didukung penuh China dan Rusia. Sedangkan Seoul didukung penuh Amerika Serikat dan sekutunya.

Namun demikian, Korea Selatan menyimpan berbagai permasalahan yang tak kunjung selesai dalam permasalahan penambahan jumlah prajuritnya. Tingkat kelahiran yang menurun dan ketergantungan dengan teknologi menjadi penyebab utamanya.

7 Tantangan Militer Korea Selatan jika Berperang Melawan Korea Utara pada 2024

1. Kekurangan Jumlah Pasukan karena Tingkat Kelahiran yang Rendah

7 Tantangan Militer Korea Selatan jika Berperang Melawan Korea Utara pada 2024

Foto/Reuters

Korea Selatan, yang merupakan negara dengan tingkat kelahiran terendah di dunia, mungkin akan segera mengalami kekurangan pasukan untuk mempertahankan staf militernya secara penuh ketika negara tersebut menghadapi ancaman baru di kawasan Pasifik Barat yang semakin tegang.

Selalu waspada terhadap ancaman nuklir dan rudal Korea Utara, Korea Selatan memiliki kekuatan aktif sekitar setengah juta tentara. Namun dengan tingkat kelahiran hanya 0,78 anak per perempuan seumur hidup, matematika mungkin menjadi musuh terbesar Korea Selatan saat ini, dan para ahli mengatakan Korea Selatan tidak punya pilihan selain mengurangi kekuatan mereka.

“Dengan tingkat kelahiran kita saat ini, masa depan sudah ditentukan sebelumnya. Pengurangan jumlah pasukan tidak bisa dihindari,” kata Choi Byung-ook, seorang profesor keamanan nasional di Universitas Sangmyung.

"Untuk mempertahankan jumlah pasukan saat ini, militer Korea Selatan perlu merekrut atau mewajibkan 200.000 tentara per tahun," katanya.

Namun pada tahun 2022, kurang dari 250.000 bayi yang lahir. Dengan asumsi perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan adalah 50-50, itu berarti dalam 20 tahun, ketika anak-anak tersebut cukup umur untuk bergabung dengan militer, hanya sekitar 125.000 laki-laki yang akan tersedia untuk 200.000 tempat yang dibutuhkan.

Perempuan tidak wajib militer di Korea Selatan, dan perempuan sukarelawan hanya berjumlah 3,6% dari militer Korea saat ini, menurut angka Kementerian Pertahanan.

Dan jumlah bayi baru lahir setiap tahun diperkirakan akan semakin menurun, menjadi 220.000 pada tahun 2025 dan 160.000 pada tahun 2072, menurut Statistik Korea.

2. Perlu Mempersiapkannya selama dua dekade

7 Tantangan Militer Korea Selatan jika Berperang Melawan Korea Utara pada 2024

Foto/Reuters

Walaupun angka kelahiran yang menurun di Korea Selatan telah menjadi berita utama dalam beberapa tahun terakhir, hal ini merupakan sebuah tren yang telah diperkirakan dan dipersiapkan oleh pihak militer.

Pada awal tahun 2000an, Seoul secara sukarela memutuskan untuk mengurangi jumlah tentara aktif dari 674.000 pada tahun 2006 menjadi 500.000 pada tahun 2020, berdasarkan “premis bahwa ancaman dari Korea Utara akan berkurang secara bertahap,” dan untuk mempromosikan kekuatan militer yang lebih kecil namun lebih elit. Itu terungkap dalam Buku Putih Pertahanan tahun 2022.

Militer Korea Selatan telah mencapai tujuan tersebut dengan mengurangi jumlah pasukan sebesar 27,6% dalam dua dekade, dari tahun 2002 hingga 2022.

Namun premis bahwa ancaman dari Korea Utara akan berkurang terbukti salah.

3. Personalitas Kim Jong-un

7 Tantangan Militer Korea Selatan jika Berperang Melawan Korea Utara pada 2024

Foto/Reuters

Kim Jong-un, anggota dinasti keluarganya yang ketiga berturut-turut, mulai berkuasa di Pyongyang pada tahun 2011. Meskipun ada jeda singkat ketika ia bernegosiasi dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat untuk mengurangi ketegangan, ia telah mendorong peningkatan militer besar-besaran di Korea Utara.

Menyusul uji coba rudal balistik antarbenua kelima Korea Utara tahun ini, Kim memperingatkan bahwa negaranya tidak akan “ragu” untuk melakukan serangan nuklir ketika musuh melakukan provokasi dengan senjata nuklirnya, mengacu pada penempatan platform senjata berkemampuan nuklir AS di wilayah tersebut.

Namun jika Kim menyerang melintasi garis paralel ke-38, yang memisahkan Korea Utara dan Selatan setelah gencatan senjata tahun 1953 yang menghentikan Perang Korea, maka militer Korea Selatanlah yang akan menanggung beban pertahanan terbesar.

4. Perlu Beralih ke Teknologi

7 Tantangan Militer Korea Selatan jika Berperang Melawan Korea Utara pada 2024

Foto/Reuters

Para ahli mengatakan Korea Selatan harus melihat ilmu pengetahuan untuk melawan ancaman Korea Utara dan mengubah krisis tenaga kerja menjadi transformasi teknologi.

“Otoritas pertahanan Korea sudah lama mempunyai kebijakan bahwa kita akan beralih dari militer yang berpusat pada tenaga kerja menjadi militer yang berorientasi pada teknologi,” kata Chun In-bum, mantan letnan jenderal di Angkatan Darat Korea Selatan.

Pada tahun 2005, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengeluarkan rencana untuk mengembangkan militernya menjadi kekuatan yang berpusat pada ilmu pengetahuan dan teknologi pada tahun 2020, namun kemajuannya masih sedikit.

“Meskipun militer berusaha melakukan transisi, tidak ada desakan, karena (dengan) wajib militer Korea Selatan … ada banyak sumber daya manusia,” kata Choi.

Penggunaan drone dan senjata berteknologi tinggi oleh Ukraina yang dipasok oleh mitra-mitra Barat telah menimbulkan dampak mematikan pada jumlah pasukan Moskow yang lebih besar.

Korea Selatan telah menekankan pada pengintegrasian teknologi baru ke dalam unit tempurnya.

Kementerian Pertahanan tahun lalu menyatakan akan melakukan transisi bertahap ke sistem tempur tim berawak-tak berawak (MUM-T) berbasis AI, dan memperkenalkan brigade TIGER Angkatan Darat – yang disebut “unit masa depan” – yang memanfaatkan tenaga kerja dan pasukan. peralatan tak berawak untuk menjalankan misi.

Korea Selatan juga telah mengembangkan peralatan militer tak berawak, termasuk kendaraan udara tak berawak ketinggian menengah (MUAV) dan kendaraan bawah air tak berawak (UUV).

5. Teknoligo Tetap Utama, tapi Prajurit Adalah Segalanya

7 Tantangan Militer Korea Selatan jika Berperang Melawan Korea Utara pada 2024

Foto/Reuters

Namun Chun, mantan jenderal Korea Selatan, mengatakan teknologi bukanlah obat mujarab.

Misalnya, dibutuhkan tenaga kerja untuk merebut dan mempertahankan suatu wilayah. Dan dibutuhkan orang-orang yang terlatih dan terdidik untuk menjalankan dan mengawasi sistem kecerdasan buatan (AI) di medan perang.

“Itu tidak akan cukup, dan tidak peduli bagaimana kita mencoba,” kata Chun tentang teknologi. “Ini akan membantu, tapi tidak akan menyelesaikan masalah kekurangan sumber daya manusia.”

Baik dia maupun Choi mempunyai gagasan mengenai cara memaksimalkan kekuatan militer yang lebih kecil.

Pertama, pengaruh sistem wajib militer dan komponen cadangan yang dihasilkannya, kata Chun.

“Kita perlu mengubah sistem mobilisasi kita, sehingga kita dapat memanfaatkan sejumlah besar populasi cadangan yang kita miliki,” kata Chun.

6. Mereformasi Wajib Militer

7 Tantangan Militer Korea Selatan jika Berperang Melawan Korea Utara pada 2024

Foto/Reuters

Setelah pria Korea Selatan menyelesaikan wajib militer selama 18 hingga 21 bulan, mereka menjadi cadangan selama delapan tahun. Selama waktu ini, mereka dipanggil ke unit yang ditugaskan setahun sekali untuk mengingatkan mereka akan posisi dan tugas mereka. Dan setelah itu, mereka wajib mengikuti pelatihan pertahanan sipil setiap tahun hingga usia 40 tahun.

Sistem ini sekarang memberi Korea Selatan 3,1 juta pasukan cadangan.

Pasukan cadangan harus menghadiri sesi pelatihan dua malam tiga hari setiap tahun.

Salah satu sistem percontohan yang sedang berjalan adalah dengan melatih sejumlah prajurit cadangan selama 180 hari dalam setahun, untuk memperkuat keterampilan mereka.

Pilihan lainnya adalah meningkatkan jumlah kader profesional – baik perwira, perwira, dan bintara – yang semuanya adalah sukarelawan, yang bertugas lebih lama, sehingga mereka akan mahir dalam mengoperasikan senjata canggih “untuk mencegah kesenjangan dalam kemampuan tempur meskipun pengurangan kekuatan yang ada,” menurut buku putih tahun 2022.

Militer telah meningkatkan rasio kader terhadap total pasukannya dari 31,6% pada tahun 2017 menjadi 40,2% pada tahun 2022, menurut Kementerian Pertahanan. Peningkatan lebih lanjut menjadi 40,5% pada tahun 2027 direncanakan, katanya.

7. Masalah rekrutmen

7 Tantangan Militer Korea Selatan jika Berperang Melawan Korea Utara pada 2024

Foto/Reuters

Satu masalah dengan rencana perekrutmen: Masyarakat tidak menyetujuinya.

Jumlah pelamar untuk posisi perwira telah menurun selama bertahun-tahun, dari sekitar 30.000 pada tahun 2018 menjadi 19.000 pada tahun 2022, menurut data Kementerian Pertahanan.

“Militer mengalami kesulitan besar dalam mendapatkan kader profesional tingkat awal yang luar biasa, yang dalam 10, 20 tahun akan membentuk korps perwira yang luar biasa,” kata Choi, seraya menunjukkan bahwa tunjangan finansial dan sosial yang tidak memadai bagi kader adalah alasan utama di baliknya. tingkat aplikasi yang menurun.

Israel memiliki wajib militer dan 40% dari pasukan wajib militernya adalah perempuan, menurut Arsip Wanita Yahudi. Di angkatan bersenjata AS dan Kanada yang seluruhnya beranggotakan sukarelawan, lebih dari 16% tentaranya adalah perempuan.

Choi mengatakan wajib militer perempuan bisa memecahkan masalah Korea Selatan, namun ia mengatakan ada terlalu banyak hambatan dalam masyarakat Korea yang secara tradisional patriarki. Dan bahkan jika hal tersebut dapat diatasi, biayanya mungkin terlalu mahal.

“Ada berbagai faktor kompleks seperti biaya sosial dan perempuan yang melahirkan. Jadi menurut saya biayanya [yang dibutuhkan] akan jauh lebih tinggi dari keuntungan sebenarnya,” ujarnya.

Namun menurut Chun, menarik relawan perempuan bisa dilakukan jika bayarannya cukup menarik.

“Jika seorang solder dibayar $2.000 [per bulan], itu adalah pekerjaan yang sah. Jadi, seorang wanita akan berkata, saya ingin bisa mendapatkan pekerjaan itu dengan upah $2.000. Karena untuk pekerjaan yang sama, dia mungkin akan dibayar $1.500 di dunia luar,” katanya.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan mengatakan peningkatan jumlah perempuan yang bertugas adalah salah satu kemungkinan yang bisa dilakukan.

Namun tidak ada batasan waktu untuk melakukan perubahan dan waktu mungkin merupakan sesuatu yang tidak dimiliki oleh Korea Selatan.

Awal bulan ini, Statistik Korea melaporkan bahwa rekor angka kelahiran rendah diperkirakan akan turun lebih jauh lagi dalam dua tahun ke depan, menjadi 0,65 kelahiran per wanita pada tahun 2025.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0795 seconds (0.1#10.140)