Polandia Panggil Diplomat Rusia karena Serangan Rudal

Sabtu, 30 Desember 2023 - 16:50 WIB
loading...
Polandia Panggil Diplomat Rusia karena Serangan Rudal
Polandia menyalahkan Rusia atas serangan rudal ke wilayahnya. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Polandia memanggil Kuasa Usaha Rusia Andrey Ordash dan menuntut penjelasan atas dugaan pelanggaran wilayah udara Polandia oleh rudal yang mereka klaim sebagai milik Rusia.

Wakil Menteri Luar Negeri Polandia, Wladyslaw Teofil Bartoszewski, menyerahkan sebuah catatan kepada Ordash yang menuntut penjelasan atas insiden tersebut dan “penghentian segera kegiatan tersebut."

Militer Polandia mengklaim bahwa sebuah rudal Rusia memasuki wilayah udara negara tersebut dari arah Ukraina sebelum kembali melintasi wilayah Ukraina pada Jumat pagi, tanpa memberikan bukti bahwa proyektil tersebut berasal dari Rusia.

Kuasa Usaha Rusia menyebut klaim tersebut “tidak berdasar” dalam sebuah wawancara dengan RIA Novosti, dan menambahkan bahwa Polandia tidak akan menerima penjelasan apa pun sampai mereka memberikan bukti.

Warsawa mengklaim bahwa rudal tersebut menempuh jarak sekitar 40 km ke wilayah udara Polandia pada dini hari Jumat pagi. Jenderal Wieslaw Kukula, kepala staf angkatan bersenjata Polandia, mengatakan dalam sebuah pengarahan pada hari Jumat bahwa rudal tersebut memasuki Polandia selama hampir tiga menit dan kemudian kembali ke wilayah udara Ukraina. “Semuanya menunjukkan bahwa rudal Rusia memasuki wilayah udara Polandia,” kata Kukula, seraya menambahkan bahwa jet tempur dikerahkan untuk mencegat proyektil tersebut, namun gagal mencapainya sebelum “meninggalkan wilayah udara kami.”



Dugaan pelanggaran wilayah udara terjadi selama gelombang serangan rudal dan drone Rusia yang intens terhadap sasaran di seluruh Ukraina pada hari Jumat. Kementerian Pertahanan Rusia menggambarkan serangan tersebut sebagai serangan “besar-besaran” dan mengatakan bahwa serangan tersebut menargetkan lapangan udara, tempat pembuangan amunisi, barak, dan lokasi infrastruktur militer lainnya. Insiden tersebut mendorong Presiden Polandia Andrzej Duda mengadakan pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional.

Insiden serupa pada November 2022 kemudian diketahui merupakan kesalahan sistem pertahanan udara Ukraina. Dua petani tewas ketika sebuah rudal anti-udara Ukraina jatuh di kota perbatasan Polandia, Przewodow, dan menghantam fasilitas penyimpanan biji-bijian. Penyelidik Polandia menyimpulkan pada September 2023 bahwa rudal yang dimaksud adalah milik Ukraina. Presiden Ukraina Vladimir Zelensky awalnya menyalahkan Rusia atas insiden tersebut dan menuntut tanggapan dari NATO, sebelum para pemimpin aliansi pimpinan AS secara terbuka menyatakan bahwa rudal tersebut berasal dari Ukraina.

Mengomentari insiden rudal baru-baru ini pada Jumat sore, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menahan diri untuk tidak menyalahkan Moskow, dan menyatakan bahwa blok yang dipimpin AS akan “tetap waspada” ketika “fakta-fakta sudah terungkap.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)