10 Gebrakan NATO pada 2023, dari Perang Ukraina hingga Perluasan Anggota

Jum'at, 29 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
10 Gebrakan NATO pada 2023, dari Perang Ukraina hingga Perluasan Anggota
NATO terus melakukan berbagai gebrakan pada 2023. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Tahun 2023 masih penuh kesibukan bagi aliansi militer yang beranggotakan 31 negara tersebut, dengan fokus pada penguatan pertahanan dan pencegahan untuk mendukung Ukraina melawan Rusia, dan aliansi ini berkembang untuk kesembilan kalinya dengan menerima Finlandia sebagai anggotanya yang ke-31.

Aliansi ini memasuki tahun 2023 dengan agenda Ukraina setelah meninggalkan tahun yang menegangkan dalam hubungan dengan Rusia pada tahun 2022.

Masa jabatan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg yang menjabat sejak 1 Oktober 2014 telah diperpanjang hingga 20 Oktober 2024 akibat perang berkepanjangan Rusia-Ukraina, meski sebelumnya telah diperpanjang tiga kali pada tahun 2022. .

Stoltenberg menekankan bahwa situasi keamanan di Eropa telah berubah secara permanen, terlepas dari hasil dan durasi perang, dalam pernyataan pertamanya tahun ini.

Dia menekankan perlunya sekutu NATO untuk berinvestasi lebih banyak di bidang pertahanan.

Sepanjang tahun, pertemuan-pertemuan blok tersebut berfokus pada penguatan pertahanan dan pencegahan aliansi, serta meningkatkan tingkat kesiapan pasukan NATO.

NATO dan sekutunya telah mendukung Ukraina, menyediakan sistem pertahanan udara, senjata berat, amunisi, bahan bakar, dan perangkat komunikasi.

10 Gebrakan NATO pada 2023

1. Dukungan terhadap Ukraina terus berlanjut

10 Gebrakan NATO pada 2023, dari Perang Ukraina hingga Perluasan Anggota

Foto/Reuters

Melansir Anadolu, di penghujung tahun 2023, Ukraina akhirnya menerima tank modern yang telah lama ditunggu-tunggu. Sekutu NATO, AS menyediakan Abrams, Inggris Challenger 2, dan Jerman menyumbangkan tank Leopard 2.

Tank-tank tersebut secara bertahap dikirim ke Ukraina sepanjang tahun.

Pada bulan Agustus, AS mengizinkan negara ketiga untuk mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina, dan sekutunya seperti Denmark dan Belanda berjanji untuk memasoknya.

Pilot Ukraina memulai pelatihan F-16 di negara-negara sekutu pada akhir musim panas, dan pesawat tersebut diperkirakan akan dikirim pada tahun depan setelah pelatihan selesai.

Dewan NATO-Ukraina, yang dibentuk untuk memperkuat hubungan, mengadakan pertemuan perdananya di tingkat pemimpin pada 12 Juli selama KTT Vilnius dan di tingkat menteri luar negeri pada 29 November.

Stoltenberg menegaskan bahwa Ukraina akan diundang untuk bergabung dengan aliansi tersebut setelah persyaratan terpenuhi dan perang selesai.

Stoltenberg, dalam pernyataannya pada tanggal 14 Desember mengenai Ukraina, menyoroti “risiko nyata” jika Presiden Rusia Vladimir Putin tidak berhenti jika ia berhasil mendapatkan dukungan. Ia menyampaikan pesan bahwa NATO akan terus mendukung Ukraina di tahun mendatang.

2. Peningkatan kolaborasi dengan UE

10 Gebrakan NATO pada 2023, dari Perang Ukraina hingga Perluasan Anggota

Foto/Reuters

Kolaborasi dengan UE mendapat pertimbangan khusus tahun ini. Karena NATO dan UE mempunyai 22 anggota yang sama, mereka menandatangani pernyataan bersama pada 10 Januari, menekankan kerja sama melawan ancaman bersama.

Pernyataan bersama tersebut menekankan kerja sama melawan Rusia dan Tiongkok, serta komitmen terhadap dukungan berkelanjutan untuk Ukraina.

Pada 21 Februari, Stoltenberg, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell, dan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba bertemu di markas NATO di Brussels.

Ketiganya membahas cara-cara untuk meningkatkan produksi amunisi dan mendesak anggota NATO dan UE untuk memprioritaskan pasokan amunisi dari persediaan mereka ke Ukraina.

Mereka juga menganjurkan pengadaan bersama dan peningkatan kapasitas produksi.

3. Struktur NATO diperkuat

Karena perang di Ukraina, NATO mengubah struktur dan tujuannya.

NATO memperluas kelompok tempurnya ke delapan negara untuk mempertahankan kehadirannya di Eropa Timur pada tahun 2023.

Sekitar 10.000 tentara NATO tersebar di delapan kelompok tempur di Bulgaria, Estonia, Hongaria, Latvia, Lituania, Polandia, Rumania, dan Slovakia.

Jumlah total pasukan di bawah komando NATO di sisi timur aliansi tersebut telah meningkat menjadi 40.000.

NATO mengerahkan pesawat peringatan dini lintas udara AWACS dan F-16 ke Rumania untuk meningkatkan kapasitas patroli lintas udara aliansi tersebut, bersama dengan jet tempur, pesawat pengintai, dan kapal tanker yang telah dikirim sebelumnya.

Sementara itu, pada pertengahan tahun, NATO melakukan latihan udara terbesar sepanjang sejarahnya.

Diselenggarakan oleh Jerman, latihan udara "Air Defender 2023" melibatkan lebih dari 250 pesawat dan 10.000 personel penerbangan dari 25 negara, termasuk TĂĽrki.


4. Masa depan NATO direncanakan

10 Gebrakan NATO pada 2023, dari Perang Ukraina hingga Perluasan Anggota

Foto/Reuters

Melansir Anadolu, setelah aneksasi ilegal Krimea oleh Rusia, NATO mengintensifkan rencana militer regionalnya, khususnya sehubungan dengan konflik Ukraina.

Perubahan paling signifikan terhadap rencana pertahanan NATO sejak Perang Dingin disetujui pada KTT NATO yang diadakan di Vilnius pada 11-12 Juli.

Pada KTT NATO, rencana pengerahan sekitar 300.000 tentara ke sisi timur NATO disetujui dalam waktu 30 hari.

Rencana tersebut mencakup tiga wilayah: Eropa Utara dan Tengah dari Baltik hingga Pegunungan Alpen, dan wilayah dari Mediterania hingga Laut Hitam.

Sementara itu, para pejabat NATO menekankan perlunya negara-negara anggota untuk meningkatkan belanja pertahanan dan produksi industri pertahanan, sekaligus mengakui bahwa implementasi rencana ini akan memakan waktu.

5. KTT 2023 di Lituania

Pertemuan tersebut berlangsung di Vilnius, ibu kota Lituania, dengan dihadiri oleh para pemimpin NATO dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Vilnius berjarak sekitar 300 kilometer (186 mil) dari perbatasan Rusia, dan merupakan republik pertama yang meninggalkan Uni Soviet pada tahun 1990, menjadikan pertemuan NATO ini penting.

6. NATO diperluas untuk ke-9 kalinya pada tahun 2023

Undangan ke Swedia dan Finlandia ke KTT NATO 2022 tetap menjadi agenda sekutu sepanjang tahun.

"Mekanisme Gabungan Permanen", yang membahas masalah keamanan TĂĽrkiye sehubungan dengan organisasi teroris seperti PKK dan FETO, diadakan di markas NATO di Brussels pada tanggal 9 Maret.

Pada tanggal 30 Maret, parlemen Turki menyetujui rancangan undang-undang keanggotaan Finlandia di NATO.

Pada tanggal 4 April, selama Pertemuan Menteri Luar Negeri, TĂĽrkiye menyerahkan dokumen yang mengonfirmasi keanggotaan NATO Finlandia ke AS, menjadikan Finlandia sebagai anggota NATO ke-31 pada peringatan 74 tahun Aliansi tersebut.

7. Proses keanggotaan Swedia

10 Gebrakan NATO pada 2023, dari Perang Ukraina hingga Perluasan Anggota

Foto/Reuters

Pertemuan tripartit baik tingkat teknis maupun tingkat tinggi berlanjut di Ankara dan Brussel mengenai keanggotaan Swedia.

Pemenuhan komitmen Swedia berdasarkan Triple Memorandum dibahas pada pertemuan Mekanisme Gabungan Permanen ke-4 dan ke-5 pada tanggal 14 Juni dan 6 Juli.

Setelah konsensus bahwa keanggotaan Swedia di NATO akan berkontribusi terhadap keamanan Eropa-Atlantik, Protokol Aksesi Swedia ditandatangani oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan pada 23 Oktober dan diserahkan ke parlemen Turki.

Proposal persetujuan protokol, yang ditandatangani oleh Ketua Parlemen Turki Numan Kurtulmus, dirujuk ke Komite Urusan Luar Negeri parlemen dan disetujui oleh Komisi pada 26 Desember.

8. Koordinator Khusus Penanggulangan Terorisme I

Pada 12 Oktober, Stoltenberg menunjuk Jenderal Tom Goffus sebagai "Koordinator Khusus Kontraterorisme" pertama di NATO, sebuah peran yang diciptakan untuk memperkuat upaya kontraterorisme sebagai tanggapan atas permintaan TĂĽrkiye, sebagaimana disebutkan dalam pernyataannya selama KTT Vilnius.

9. Pasukan tambahan dikirim ke Kosovo

10 Gebrakan NATO pada 2023, dari Perang Ukraina hingga Perluasan Anggota

Foto/Reuters

Melansir Anadolu, menanggapi meningkatnya ketegangan di Kosovo utara pada bulan Mei, 30 tentara dari Pasukan Kosovo NATO terluka dalam bentrokan selama protes etnis Serbia terhadap kemenangan pemilihan kota.

NATO mengirim 700 tentara tambahan pada akhir Mei dan 130 tentara tambahan pada akhir September.

Pasukan Cadangan Operasional, yang siap dikerahkan dalam tujuh hari ke Balkan Barat, diaktifkan.

10. China dalam agenda NATO

China, yang diberi label sebagai “ancaman” dalam Konsep Strategis NATO untuk tahun 2022, dimasukkan ke dalam agenda Aliansi pada tahun 2023.

Australia, Selandia Baru, Jepang, dan Korea Selatan menghadiri pertemuan NATO pada bulan April dan Juli untuk membahas kerja sama China-Rusia.

Stoltenberg telah menekankan sepanjang tahun ini bahwa Tiongkok telah menahan diri untuk tidak mengutuk agresi Rusia, mendukung perekonomiannya, mencerminkan propaganda Rusia, dan mempercepat aktivitas militer bersama di kawasan Asia-Pasifik dengan Rusia.

Dia menyebutkan tujuan Tiongkok untuk memiliki 1.500 hulu ledak nuklir pada rudal yang mampu menjangkau seluruh benua Amerika Utara dan Eropa pada tahun 2035.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)