8 Legasi Jacques Delors, Arsitek Uni Eropa yang Menata Masa Depan Barat

Kamis, 28 Desember 2023 - 11:11 WIB
loading...
8 Legasi Jacques Delors, Arsitek Uni Eropa yang Menata Masa Depan Barat
Jacques Delors dikenal sebagai arsitek Uni Eropa modern. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Jacques Delors, yang meninggal pada usia 98 tahun, adalah arsitek Uni Eropa modern. Sebagai presiden cabang eksekutif Uni Eropa (UE) – Komisi Eropa – dari tahun 1985 hingga 1995, ia adalah tokoh penting dalam “persatuan yang semakin erat” – termasuk penerapan pasar tunggal dan pembentukan euro.

Ide-idenya mendapat tentangan keras di Inggris dari Margaret Thatcher, John Major dan pers Inggris - yang melihatnya sebagai Charlemagne zaman modern, yang bertekad pada persatuan politik Eropa.

Dan dia hidup cukup lama untuk melihat Inggris memutuskan proyek Eropanya, dalam referendum Brexit pada tahun 2016.

8 Legasi Jacques Delors, Arsitek Uni Eropa yang Menata Masa Depan Barat

1. Sosialis yang Berkomitmen

8 Legasi Jacques Delors, Arsitek Uni Eropa yang Menata Masa Depan Barat

Foto/Reuters

Melansir BBC, Jacques Lucien Jean Delors lahir di dekat Place de la Bastille di pusat kota Paris pada tanggal 20 Juli 1925.

Pandangan politik keluarga besarnya berkisar dari sangat sosialis hingga sangat komunis. Ayahnya adalah seorang sosialis berhaluan kiri di Banque de France. Setelah terluka parah selama Perang Dunia Pertama, dia juga seorang pasifis yang berkomitmen.

Pendidikan Jacques muda terus-menerus terganggu oleh Perang Dunia Kedua, karena keluarganya terus berpindah-pindah.

Dia mengambil tempat di Universitas Strasbourg tak lama setelah invasi Jerman, namun segera ditahan oleh pasukan pendudukan.

Khawatir Nazi akan mengirimnya ke luar negeri sebagai pekerja paksa, dia memutuskan untuk menunda karir mahasiswanya.


2. Jacques Delors Adalah Arsitek Uni Eropa Modern

Melansir BBC, ketika keluarganya kembali ke Paris pada tahun 1944, Delors yang enggan dibujuk untuk mengikuti ayahnya bergabung dengan Banque de France.

Dia lulus ujian untuk jalur eksekutif organisasi, dan karir di bidang keuangan pun melejit.

Delors dan istrinya Marie terlibat dalam gerakan serikat buruh Katolik, yang sangat berpengaruh di Prancis.

Keduanya tidak percaya bahwa keyakinan agama harus menjadi persyaratan untuk menjadi anggota organisasi tersebut, dan mereka berkampanye agar organisasi tersebut menjadi lebih sekuler.

Serikat pekerja memintanya untuk bekerja sama dengan pemerintah Prancis dalam membina hubungan antara pengusaha dan pekerja. Setelah pergolakan pada bulan Mei 1968, para menteri melihat ide-idenya untuk negosiasi dan kerjasama yang lebih besar, dan meminta Delors untuk bergabung dengan mereka.

Delors diangkat menjadi penasihat utama urusan sosial dan budaya Perdana Menteri Konservatif, Jacques Chaban-Delmas, pada tahun 1969.

Dia bergabung dengan partai Sosialis pada tahun 1971, tetapi François Mitterrand dari sayap kiri dan Valéry Giscard d' Estaing yang konservatif memintanya untuk bergabung dengan mereka tiga tahun kemudian.

Delors dikatakan senang dianggap sebagai sayap kanan oleh kaum Sosialis dan sayap kiri oleh kaum Galia.

Dia menghabiskan dua tahun sebagai walikota Clichy di pinggiran utara Paris dan kemudian, pada tahun 1979, dimasukkan dalam daftar partai Sosialis untuk pemilihan langsung pertama Parlemen Eropa.

Posisi Delors dalam daftar itu sangat rendah sehingga dia tidak menyangka akan berhasil. Namun, setelah memperoleh kursi setelah memperoleh hasil yang baik, ia langsung terpilih menjadi ketua Komite Urusan Ekonomi dan Moneter di parlemen.

3. Pernah Jadi Menteri Keuangan

8 Legasi Jacques Delors, Arsitek Uni Eropa yang Menata Masa Depan Barat

Foto/Reuters

Pada tahun 1981, kemenangan François Mitterrand dalam pemilihan presiden merupakan titik balik dalam politik Prancis.

Tidak dapat menolak panggilan untuk bergabung dengan pemerintahan Sosialis pertama di Republik Kelima, Jacques Delors menjadi Menteri Keuangan.

Masa jabatannya ternyata menjadi perjuangan sehari-hari untuk mengendalikan utang publik dan inflasi. Upayanya untuk memenuhi janji kampanye Mitterrand terhambat oleh lemahnya franc dan ancaman devaluasi yang terus-menerus.

Akhirnya, dia menolak tawaran Mitterrand untuk berperan sebagai perdana menteri dan memilih pekerjaan yang sebenarnya dia inginkan: presiden Komisi Eropa.

Dalam pidato pertamanya di Parlemen Eropa, Delors menegaskan bahwa integrasi Eropa bukan sekedar konsep politik, melainkan sebuah cita-cita. Alasan praktis utama keberadaannya, katanya, adalah untuk menjamin perdamaian di seluruh benua.

Di bawah pemimpin barunya, Komunitas Eropa menghadapi tantangan besar termasuk berakhirnya Perang Dingin, reunifikasi Jerman, dan perang di bekas Yugoslavia.

Keanggotaan organisasi ini juga berkembang pesat, dengan Portugal, Spanyol, Austria, Finlandia dan Swedia semuanya bergabung.

Sejak menjabat pada tahun 1985, masa jabatan empat tahun pertama Delors di Brussel menunjukkan percepatan rencana pasar tunggal Eropa, bebas dari hambatan pergerakan barang, tenaga kerja, dan investasi.

Ide tersebut bukanlah ide baru – sudah ada sejak Perjanjian Roma tahun 1957 – namun dukungannya yang tak henti-hentinya terhadap ide tersebut, ditambah dengan pemulihan ekonomi di Eropa dan kerangka anggaran yang dinegosiasi ulang, menghidupkan kembali ide yang selama ini tidak terpakai.

4. Mengusung Konsep Tidak Ada Batas

Undang-Undang Tunggal Eropa tahun 1987 mewajibkan negara-negara anggota untuk menghilangkan hambatan perdagangan internal pada tahun 1993.

Hal ini menjamin masa jabatan kedua bagi Delors sebagai presiden, dan selama masa jabatan tersebut ia tanpa kenal lelah berupaya mewujudkan Perjanjian Maastricht – yang menciptakan euro dan Uni Eropa modern.

Ia yakin bahwa Eropa harus menciptakan kesatuan ekonomi yang kuat – pasar tanpa batas – untuk bersaing dengan Amerika Serikat dan Jepang.

Pada tahun 1988, Delors memperkirakan bahwa dalam satu dekade, Komisi Eropa akan mengambil 80% keputusan ekonomi dan sosial di negara anggotanya.

Ia juga bertekad bahwa pasar tunggal Eropa tidak akan menjadi pasar kapitalis yang tidak terkendali, seperti di Amerika Serikat.

5. Pasar Tunggal Memiliki Dimensi Sosial yang Kuat

8 Legasi Jacques Delors, Arsitek Uni Eropa yang Menata Masa Depan Barat

Foto/Reuters

Bagi Delors, pasar seperti itu memerlukan dimensi sosial yang kuat dan pemerintah pusat yang kuat untuk menjaminnya.

Banyak orang di benua ini yang menerima gagasannya. Tapi Nyonya Thatcher menyebutnya tidak masuk akal.

“Eropa yang bersatu,” katanya, “tidak akan pernah terwujud seumur hidup saya dan saya harap tidak akan pernah terjadi sama sekali.”

The Sun memasuki perdebatan dengan memberi hormat dua jari di halaman depannya, di samping judul yang kini melegenda: Up Yours, Delors!

6. Kompromi Tak Bisa Dihindari

Pada bulan Februari 1992, Delors menyaksikan Perjanjian Maastricht ditandatangani.

Hal ini tidak menyelesaikan visinya tentang Eropa yang terintegrasi sepenuhnya. Perdana Menteri Inggris yang baru, John Major, telah menegosiasikan "opt-out" dari perjanjian dimensi sosial dan tidak berniat bergabung dengan mata uang tunggal.

Namun Delors mewarisi konfederasi negara-negara anggota yang longgar dan dalam satu dekade mengubahnya menjadi lebih dari itu.

Sisi negatifnya, ia harus menyadari bahwa Maastricht telah memicu perdebatan baru antara negara-negara yang menginginkan integrasi lebih lanjut dan negara-negara yang tidak menginginkannya.

Perjuangan John Major untuk meratifikasi perjanjian itu menghancurkan partai Konservatif. Rakyat Denmark memberikan suara tidak dalam referendum dan Perancis memang mengatakan oui, namun dengan selisih yang sangat tipis.

7. Tidak Mau Jadi Presiden Prancis meski Populer

Setelah meninggalkan jabatannya pada tahun 1994, Jacques Delors memutuskan untuk tidak mencalonkan diri sebagai calon presiden Prancis dari Partai Sosialis. Beberapa jajak pendapat menunjukkan bahwa ia mungkin menang, namun setelah berminggu-minggu merenung, ia menolaknya - sebuah keputusan yang kemudian ia gambarkan sebagai salah satu keputusan tersulit dalam hidupnya.

Dua dekade kemudian, ia menyaksikan putrinya Martine Aubry mencalonkan diri sebagai presiden, dan akhirnya kalah dalam nominasi Partai Sosialis dari François Hollande. Dia kemudian menjadi walikota Lille.

Setelah tidak menjabat lagi, ia menjadi presiden College of Europe di Bruges, dan terus mempengaruhi perkembangan UE.

Pada tahun 2004, ia bahkan tampaknya menerima bahwa tidak semua negara anggota menginginkan persatuan lebih lanjut. Dengan meningkatnya masalah ekonomi di kawasan euro, Delors mengatakan dia bisa memahami mengapa Inggris menolak bergabung dengan mata uang tunggal Eropa.

“Karena kami (UE) belum berhasil memaksimalkan keuntungan ekonomi dari euro,” akunya, “kita dapat memahami perkataan Inggris, ‘Segalanya baik-baik saja. Tidak ikut serta dalam Euro tidak menghentikan kita untuk mencapai kesejahteraan’. ."

8. Mendukung Brexit

Menjelang Referendum Brexit pada tahun 2016, beredar rumor bahwa ia ingin Inggris keluar agar negara anggota lainnya dapat mempercepat proses integrasi.

“Saya menganggap partisipasi Inggris di Uni Eropa menjadi elemen positif baik bagi Inggris maupun Uni Eropa,” tegasnya.

Namun beberapa hari kemudian Inggris memberikan suara dengan selisih tipis untuk meninggalkan Uni Eropa, dan mencari hubungan alternatif dengan negara-negara tetangganya.

Jacques Delors akan dikenang sebagai seorang teknokrat yang memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan kebanyakan politisi terpilih.

Dalam sejarah Uni Eropa, tidak ada seorang pun yang berbuat lebih banyak untuk membentuk perkembangannya berdasarkan keyakinannya.

Delors berharap dapat menciptakan organisasi kuat yang mampu mengarahkan keputusan politik dan ekonomi negara-negara anggotanya, demi kepentingan perdamaian dan persatuan. Namun visinya tidak dibagikan secara universal.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)