Dunia Kecam Aksi Tentara Israel Telanjangi 2 Anak Palestina di Stadion Gaza

Kamis, 28 Desember 2023 - 08:34 WIB
loading...
A A A
Video aslinya diunggah pada 24 Desember ke YouTube oleh Yosee Gamzoo Letova, seorang fotografer dan artis.

Organisasi nirlaba Pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Mediterania mengatakan mereka telah menerima informasi bahwa tentara Israel menahan ratusan warga Palestina dari lingkungan Sheikh Radwan di Kota Gaza, di antaranya adalah puluhan wanita yang dibawa ke Stadion Yarmouk.

“Laki-laki Palestina, termasuk anak-anak berusia 10 tahun dan orang lanjut usia di atas 70 tahun, dipaksa menanggalkan semua pakaian mereka kecuali pakaian dalam dan berbaris dengan cara yang memalukan di depan para perempuan yang ditahan di stadion yang sama,” kata organisasi hak asasi manusia dalam sebuah pernyataan. Organisasi tersebut menyerukan kepada komunitas internasional untuk menyelidiki gambar-gambar penahanan tersebut.

Setidaknya 20.915 orang di Gaza telah tewas sejak perang dengan Israel dimulai pada 7 Oktober, menurut Kementerian Kesehatan yang dikuasai Hamas. Hampir 55.000 orang lagi terluka, kata kementerian itu. CNN tidak dapat memverifikasi secara independen jumlah yang dikeluarkan oleh kementerian di Gaza, karena akses ke daerah kantong tersebut terbatas dan jumlah yang dapat diandalkan sulit untuk dikonfirmasi di tengah pertempuran.

Sementara itu, Izzat Al-Rishq, anggota biro politik kelompok Hamas, mengatakan mereka tidak akan memasuki kembali perundingan dengan Israel “tanpa penghentian menyeluruh terhadap konflik bersenjata."

“Kepemimpinan Hamas mengupayakan penghentian permanen agresi dan pembantaian terhadap rakyat kami. Rakyat kami ingin melihat agresi ini dihentikan sepenuhnya, dan tidak ingin menunggu gencatan senjata sementara atau sebagian dalam waktu singkat, yang setelahnya agresi dan terorisme dapat berlanjut secara fatal,” demikian bunyi pernyataan Al-Rishq.

Sementara itu, Israel telah berjanji untuk melanjutkan pengepungannya – yang mencakup pemboman udara intensif dan invasi darat berkelanjutan – sampai Hamas dibasmi. Herzi Halevi, kepala staf umum IDF, mengatakan pada hari Selasa bahwa kampanye tersebut akan berlanjut selama “berbulan-bulan lagi.”

“Ini terjadi di area yang kompleks. Oleh karena itu, perang akan terus berlanjut selama berbulan-bulan lagi, dan kami akan beroperasi dengan berbagai cara – sehingga pencapaian tersebut akan tetap terjaga seiring berjalannya waktu,” kata Halevi pada konferensi pers.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0842 seconds (0.1#10.140)