5 Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Nomor 4 Menampung Ratusan Ribuan Warga Rohingya

Selasa, 26 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
5 Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Nomor 4 Menampung Ratusan Ribuan Warga Rohingya
Kamp pengungsi di Bangladesh menampung ratusan ribu warga Rohingya yang terusir dari Myanmar. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Ketika terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk mencari lokasi yang lebih aman dari ancaman konflik senjata, pilihan apa yang dimiliki masyarakat? Para pengungsi ditampung di pemukiman sementara yang disebut kamp pengungsi.

Menurut perkiraan PBB, seperlima pengungsi dunia, yaitu sekitar 6,6 juta orang, tinggal di kamp-kamp pengungsian. Kami tidak dapat mengidentifikasi jumlah pasti kamp-kamp di dunia mengingat rumitnya proses pelacakan pengungsi dan pergerakan mereka. Namun, dengan asumsi rata-rata sebuah kamp pengungsi menampung 11.500 orang, maka terdapat setidaknya 500 kamp pengungsi di dunia.

Melansir developmentaid, kamp pengungsi adalah fasilitas sementara yang dibuat untuk menampung dan membantu orang-orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena berbagai jenis kekerasan yang mereka hadapi. Kamp-kamp tersebut tidak dimaksudkan untuk menawarkan solusi jangka panjang tetapi menyediakan makanan, air, perawatan medis, dan layanan penting lainnya bagi masyarakat. Menurut UNHCR, rata-rata pengungsi tinggal antara 10 dan 15 tahun di kamp pengungsi namun durasinya bisa sangat berbeda tergantung pada sejumlah variabel, termasuk alasan pengungsian dan tingkat konflik di wilayah tersebut.

Data terbaru menunjukkan saat ini 100 juta orang telah meninggalkan rumah mereka untuk mencari tempat yang lebih aman. Angka ini lebih tinggi 10,7 juta dibandingkan perkiraan pada akhir tahun 2021.

Berikut adalah 5 kamp pengungsi terbesar di duni versi Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR).

1. Um Rakuba di Sudan

5 Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Nomor 4 Menampung Ratusan Ribuan Warga Rohingya

Foto/Reuters

Kamp ini adalah salah satu dari sekian banyak kamp yang didirikan pada akhir tahun 2020 dengan bantuan UNHCR dengan tujuan mengatasi meningkatnya masalah di wilayah Tigray, Ethiopia, yang terletak hampir 300 km jauhnya.

Akibat konflik kekerasan di wilayah tersebut, ribuan orang terpaksa mengungsi dan menetap di negara tetangga, Sudan. Ketika konflik pertama kali dimulai, sekitar 60.000 orang meninggalkan negara itu dan sekarang ratusan orang terus memasuki Sudan setiap hari. Saat ini, Sudan menampung lebih dari 1,1 juta pengungsi dan kamp ini sendiri menampung lebih dari 16,000 pengungsi.

Sekitar sepertiga dari seluruh pengungsi adalah anak-anak dan 25% adalah perempuan. Dewan Pengungsi Norwegia, Islamic Relief Worldwide, dan Save The Children International telah berhasil menyediakan lingkungan belajar yang aman dan mendorong bagi anak-anak.

Menurut warga, kamp tersebut telah diperbaiki dan saat ini memiliki sistem drainase yang berfungsi dengan baik, penerangan tenaga surya, dan polisi tidur yang telah mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas. Selain itu, kampanye pembersihan telah memperbaiki lingkungan.


2. Za'atari di Yordania

5 Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Nomor 4 Menampung Ratusan Ribuan Warga Rohingya

Foto/Reuters

Terletak 10 km dari Al-Mafraq, kamp ini didirikan pada tanggal 28 Juli 2012, dan sekarang dihuni oleh 80.000 orang, melambangkan krisis pengungsi Suriah yang sedang berlangsung. Semuanya dimulai dengan sekelompok 450 warga Suriah yang melarikan diri dari konflik di negara mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)