Tragedi Florida dan Penembakan Sekolah AS dari Masa ke Masa

Kamis, 15 Februari 2018 - 09:43 WIB
Tragedi Florida dan Penembakan Sekolah AS dari Masa ke Masa
Tragedi Florida dan Penembakan Sekolah AS dari Masa ke Masa
A A A
PARKLAND - Penembakan massal di Marjory Stoneman Douglas High School, Florida yang menewaskan 17 orang pada Rabu waktu setempat menambah daftar tragedi penembakan sekolah di Amerika Serikat.

Penembakan massal di sekolah menengat atas di Parkland, Florida, itu dilakukan oleh Nikolas Cruz, 19, dengan senapan serbu AR-15. Cruz ternyata mantan siswa di sekolah tersebut yang dikeluarkan karena masalah kedisiplinan.

Baca Juga: Penembakan Massal Mengerikan Guncang SMA Florida, 17 Terbunuh

Cruz telah ditangkap dan ditahan polisi. Motif penembakan massal ini belum diungkap polisi. Namun, polisi telah membongkar akun media sosial Cruz yang berisi pesan ancaman dan foto-fotonya yang memegang senjata.

SINDOnews.com pada Kamis (15/2/2018) merinci daftar penembakan terburuk sekolah AS dalam 20 tahun terakhir yang dirangkum Reuters. Berikut kasus penembakan sekolah AS dari masa ke masa;

Benton, Kentucky, 23 Januari 2018
Seorang siswa laki-laki berusia 15 tahun menembak mati dua temannya yang juga berusia 15 tahun, di Marshall County High School di Kentucky barat. Pelaku beraksi dengan membawa pistol. Sebanyak 14 orang lainnya terluka.

Aztec, New Mexico, 7 Desember 2017
Seorang pria berusia 21 tahun yang menyamar sebagai siswa memasuki sekolah menengah setempat. Pelaku menembak mati siswa dan kemudian menembak dirinya sendiri hingga tewas.

San Bernardino, California, 10 April 2017
Seorang pria tewas karena luka tembak yang ditimbulkan oleh dirinya sendiri setelah membunuh istrinya yang terasing di North Park Elementary School. Seorang siswa berusia 8 tahun juga ditembak mati.

Roseburg, Oregon, 1 Oktober 2015
Seorang pria melepaskan tembakan ke kampus Umpqua Community College, menewaskan sembilan orang sebelum dia ditembak mati oleh polisi.

Marysville, Washington, 24 Oktober 2014
Seorang siswa di Marysville-Pilchuck High School membuat luka parah empat siswa di kantin dengan aksi penembakan sebelum akhirnya bunuh diri.

Santa Monica, California, 7 Juni 2013
Seorang siswa media digital yang dulu pernah menembak mati ayah dan saudara laki-lakinya serta membakar rumah mereka, telah membunuh tiga orang di Santa Monica College. Pria bersenjata itu bunuh diri.

Newtown, Connecticut, 14 Desember 2012
Seorang pria menembak mati ibunya, kemudian membunuh 20 anak-anak dan enam orang dewasa sebelum bunuh diri di Sekolah Dasar Sandy Hook.

Oakland, California, 2 April 2012
Seorang mantan mahasiswa perawat membunuh tujuh orang dan melukai tiga orang di Universitas Oikos, sebuah perguruan tinggi Kristen Korea.

Chardon, Ohio, 27 Februari 2012
Siswa berusia 17 tahun di Chardon High School membunuh tiga siswa di kantin sekolah.

Huntsville, Alabama, 12 Februari 2010
Seorang profesor biologi di University of Alabama di Huntsville mengumbar tembakan saat rapat staf. Aksinya menewaskan tiga anggota fakultas dan melukai tiga orang lainnya.

Dekalb, Illinois, 14 Februari 2008
Seorang mantan mahasiswa pascasarjana membunuh lima mahasiswa siswa dan melukai beberapa orang lainnya di Northern Illinois University sebelum akhirnya bunuh diri.

Baton Rouge, Louisiana, 8 Februari 2008
Mahasiswa perawat di Louisiana Technical College membunuh dua teman sekelas dan dirinya sendiri di sebuah kelas.

Blacksburg, Virginia, 16 April 2007
Seorang pria bersenjata membunuh 32 orang dan bunuh diri di Virginia Polytechnic Institute and State University yang dikenal sebagai Virginia Tech.

Nickel Mines, Pennsylvania, 2 Oktober 2006
Seorang pria bersenjata membunuh lima siswi di satu ruang di sebuah sekolah rumah di Amish. Pelaku kemudian bunuh diri.

Shepherdstown, West Virginia, 2 September 2006
Seorang pria berusia 49 tahun menembak dirinya dan kedua putranya hingga tewas saat berkunjung ke kampus Shepherd University.

Red Lake Indian Reservation, Minnesota, 21 Maret 2005
Seorang siswa sekolah menengah berusia 16 tahun membunuh tujuh orang dan melukai beberapa orang lainnya dalam sebuah penggerebekan setelah membunuh dua orang di luar kampus. Dia kemudian bunuh diri.

Cold Spring, Minnesota, 24 September 2003
Siswa berusia 15 tahun secara fatal menembaki seorang siswa baru dan seorang siswa senior di Sekolah Menengah Rocori.

Tucson, Arizona, 29 Oktober 2002
Seorang siswa gagal menembak dan membunuh tiga profesor di University of Arizona School of Nursing. Pelaku lantas menembak dirinya sendiri.

Grundy, Virginia, 16 Januari 2002
Seorang mahasiswa pascasarjana yang baru saja dipecat membunuh seorang dekan, seorang profesor dan seorang mahasiswa di Appalachian School of Law. Beberapa orang lainnya terluka.

Santee, California, 5 Maret 2001
Seorang siswa di Santana High School membunuh dua siswa, dan melukai 13 orang lainnya.

Littleton, Colorado, 20 April 1999
Dua remaja mengamuk di Columbine High School. Dia menembaki 12 siswa dan seorang guru serta melukai lebih dari 20 orang lainnya sebelum akhirnya bunuh diri.

Jonesboro, Arkansas, 24 Maret 1998
Dua anak laki-laki, yang berusia 11 dan 13 tahun, melakukan serangan kebakaran di sekolah mereka dari sebuah hutan. Aksi itu menewaskan empat siswi dan seorang guru. Sebanyak 11 orang lainnya terluka.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5304 seconds (0.1#10.140)