Xi Jinping Blak-blakan pada Biden: China Ingin Caplok Taiwan Secara Damai

Kamis, 21 Desember 2023 - 16:18 WIB
loading...
A A A
“Gedung Putih menolak melakukan hal tersebut,” ungkap laporan itu.

Ketika ditanya Biden untuk menghormati proses pemilu di Taiwan selama pertemuan tersebut, Xi menjawab dengan mengatakan perdamaian adalah “semuanya baik-baik saja” tetapi Beijing bersedia terus maju dalam menyelesaikan masalah Taiwan, klaim outlet tersebut.

Presiden China masih menolak klaim militer AS bahwa Beijing akan merebut Taiwan pada tahun 2025 atau 2027. Kerangka waktu pasti untuk proses tersebut tidak ada sama sekali, ungkap Xi, menurut para pejabat.

Pada Februari, Direktur CIA William Burns mengklaim, mengutip intelijen AS, bahwa Xi telah memerintahkan militer China untuk siap melancarkan operasi melawan Taiwan pada tahun 2027.

“Sekarang, itu tidak berarti dia memutuskan untuk melakukan invasi pada tahun 2027, atau tahun berikutnya,” papar Burns saat itu, menyebut informasi ini sebagai bukti ambisi Beijing.

Pada November, Xi masih menyatakan China ingin bersatu kembali dengan Taiwan secara damai. Pada bulan Oktober 2022, presiden China mengakui kemungkinan Beijing akan menyerang Taiwan jika pulau tersebut mendeklarasikan kemerdekaannya, namun dia mengklarifikasi ancaman kekerasan tersebut “semata-mata ditujukan pada campur tangan kekuatan luar dan kelompok separatis yang berusaha” melepaskan diri dari China.

Biden sendiri memuji pertemuan pada November sebagai KTT yang “paling produktif” dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam pertemuan tersebut, Washington dan Beijing sepakat memulihkan komunikasi antara militer mereka.

Hubungan antara kedua negara memburuk, di tengah saling tudingan bahwa satu sama lain memicu ketegangan di kawasan Asia-Pasifik dan sekitarnya.

Pada awal Desember, China sekali lagi meminta AS untuk menjauhi masalah Taiwan dan tetap berpegang pada kebijakan Satu China ketika Menteri Luar Negeri Wang Yi berbicara dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken melalui telepon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)