Tentara Israel Diduga Bunuh 11 Pria Tak Bersenjata di Depan Keluarganya di Gaza

Kamis, 21 Desember 2023 - 11:49 WIB
loading...
Tentara Israel Diduga Bunuh 11 Pria Tak Bersenjata di Depan Keluarganya di Gaza
Kantor HAM PBB merilis laporan yang menyebut tentara Israel diduga membunuh 11 pria tak bersenjata di depan keluarga mereka di Gaza, Palestina. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) menerima laporan bahwa tentara Israel diduga membunuh 11 pria Palestina tak bersenjata di depan keluarga mereka di Kota Gaza.

OHCHR mendesak Israel untuk meluncurkan penyelidikan atas laporan tersebut.

“Pihak berwenang Israel harus segera melakukan penyelidikan yang independen, menyeluruh dan efektif terhadap tuduhan-tuduhan ini, dan jika terbukti benar, mereka yang bertanggung jawab harus diadili dan mengambil tindakan untuk mencegah terulangnya pelanggaran serius seperti itu,” kata OHCHR dalam sebuah laporan berjudul “Unlawful killings in Gaza City".

"Klaim tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan dilakukannya kejahatan perang,” lanjut OHCHR, seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (21/12/2023).



Menurut OHCHR, tentara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menggerebek gedung Al Awda, juga dikenal sebagai “gedung Annan", di lingkungan Al Remal, tempat tiga keluarga terkait berlindung, selain keluarga Annan.

Saat menguasai gedung dan warga sipil di sana, tentara IDF diduga memisahkan laki-laki dari perempuan dan anak-anak, dan menembak serta membunuh sedikitnya 11 laki-laki, sebagian besar berusia akhir 20-an tahun dan awal 30-an tahun, di depan anggota keluarga mereka.

Tentara IDF kemudian diduga memerintahkan perempuan dan anak-anak tersebut masuk ke dalam sebuah ruangan dan menembak mereka atau melemparkan granat ke dalam ruangan, dilaporkan melukai beberapa orang, termasuk seorang bayi dan anak-anak.

OHCHR mengonfirmasi pembunuhan tersebut. IDF, kata OHCHR, belum merilis informasi resmi tentang insiden tersebut.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0741 seconds (0.1#10.140)