8 Perbatasan Negara Paling Mengerikan Se-Asia

Senin, 18 Desember 2023 - 13:50 WIB
loading...
8 Perbatasan Negara Paling Mengerikan Se-Asia
Perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan dikenal paling mengerikan di Asia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Perbatasan antar negara seringkali jauh lebih rumit dibandingkan garis pada peta. Ada perbatasan yang panjang, negara yang berbatasan dengan banyak negara lain, negara yang hanya berbatasan dengan satu negara lain, bahkan ada dua negara yang terkurung daratan ganda.

8 Perbatasan Negara Paling Mengerikan Se-Asia

1. Irak dan Iran

Melansir Word Atlas, salah satu perbatasan paling berbahaya di dunia terletak antara Irak dan Iran, tepatnya dari sungai Shatt-al-Arab hingga perbatasan Turki. Meskipun batas wilayah tersebut telah ditetapkan selama ratusan tahun, perselisihan mengenai wilayah tersebut (khususnya mengenai penggunaan sungai) masih terus berlangsung.

Pada tahun 1980, Irak menuduh Iran menduduki wilayah Irak secara ilegal dan meluncurkan rudal. Delapan tahun dan 1 juta nyawa kemudian, kedua negara menandatangani resolusi perdamaian PBB. Namun hal ini tidak menghentikan pertempuran, dan serangan lintas batas terus berlanjut.

2. Pakistan dan Afghanistan

Perbatasan antara Pakistan dan Afghanistan disebut Garis Durand dan membentang sepanjang 1.510 mil. Perselisihan di sini terjadi selama bertahun-tahun dan baru-baru ini, perbatasan tersebut diperebutkan oleh Taliban dan kemudian oleh presiden Afghanistan pada tahun 2001.

Pada tahun 2003, pasukan militer dari kedua belah pihak terlibat dalam konflik bersenjata di sana dan 4 tahun kemudian, Pakistan mulai membangun. garis pagar sebagai sarana untuk mencegah militan Taliban menyeberang.

Bahayanya di sini adalah kurangnya kontrol pemerintah karena orang-orang di semua pihak membawa senjata, dan di situs ini terdapat penyelundupan ilegal, pembunuhan, dan penculikan. Baru-baru ini, jalan raya utama yang menghubungkan kedua negara ditutup karena perselisihan mengenai gerbang yang dibangun oleh Pakistan. Perselisihan tersebut berakhir dengan penembakan lintas batas yang menyebabkan 3 orang tewas dan 24 orang luka-luka.

3. China dan Korea Utara

China dan Korea Utara dipisahkan oleh dua sungai, Tumen dan Yalu, serta pegunungan Paektu. Perbatasan di sini memiliki keamanan yang buruk dan menerima banyak orang yang melarikan diri dari Korea Utara.

Selama dekade terakhir, kedua negara telah mulai membangun pagar dan tembok. Sejak awal rezim Kim Jong-Il dan meningkatnya imigran Korea Utara di China , sengketa wilayah telah menjadi perhatian. Ada juga laporan tentang tentara Korea Utara yang melintasi perbatasan untuk mencuri makanan dan uang ketika perwira tingkat rendah menerima jatah makanan dalam jumlah kecil.

Pada bulan April 2016, China mengerahkan sekitar 2.000 tentara ke perbatasan setelah adanya laporan bahwa Pyongyang merencanakan uji coba nuklir. China telah mengonfirmasi bahwa 3 warga negara China terbunuh di sepanjang perbatasan, penyelidikan masih tertunda.

4. Yaman dan Arab Saudi

Perbatasan sepanjang 1.100 mil antara Yaman dan Arab Saudi telah mengalami tingkat kekerasan yang sangat tinggi. Kedua negara telah mengalami konflik kekerasan selama 65 tahun terakhir.

Arab Saudi mengalami peningkatan penyelundupan senjata, teroris Al Qaeda, dan pengungsi ekonomi (dari Ethiopia, Yaman, dan Somalia) yang mendorong pemerintah untuk membangun tembok. Yaman menentang penghalang tersebut dengan menyatakan bahwa hal tersebut melanggar hak penggembalaan gembala.

Kedua negara resmi berperang sejak Maret 2015. Diperkirakan 6.000 warga sipil dan tentara tewas sejak awal perang. Dalam satu hari saja, 15 rudal dan 130 mortir diluncurkan ke Arab Saudi.

5. Bangladesh dan India

Bangladesh dan India berbagi perbatasan sepanjang 2.545 mil, salah satu perbatasan terpanjang di dunia. Perbatasannya rumit dan terdiri dari daerah-daerah kantong yang membingungkan, terkadang dengan tanah India yang dikelilingi oleh wilayah Bangladesh di dalam wilayah India!

Ini adalah jalur umum barang selundupan dari India ke Bangladesh dan imigran tidak berdokumen dari Bangladesh ke India. Karena tingginya tingkat imigrasi, Pasukan Keamanan Perbatasan India mempunyai kebijakan yang ketat. Meskipun terkadang, “penyeberangan ilegal” disebabkan oleh rumitnya garis perbatasan dan merupakan upaya untuk mencapai wilayah Bangladesh yang terpisah. Kebijakan pembunuhan di tempat ini telah menyebabkan lebih dari 1.000 kematian antara tahun 2000 dan 2010.

6. Israel dan Suriah

Sengketa perbatasan antara Israel dan Suriah sudah terjadi sejak bertahun-tahun yang lalu. Pada awal tahun 1920-an, Inggris menarik perbatasan yang memberikan sisi Suriah kepada Perancis. Kemudian lagi nanti memasukkan Dataran Tinggi Golan. Area inilah yang telah diperebutkan secara sengit selama hampir 100 tahun.

Kedua negara telah beberapa kali berperang untuk menguasai berbagai bidang tanah. Saat ini, perbatasan menjadi zona pertempuran langsung dengan peluru beterbangan dari kedua sisi. Kekerasan meningkat tajam sejak Perang Saudara Suriah dimulai.


7. India dan Pakistan

Perbatasan India-Pakistan sepanjang 1.800 mil dijaga ketat dan sangat berbahaya. Daerah ini dijaga sangat ketat sehingga merupakan satu-satunya perbatasan yang terlihat dari luar angkasa karena lampu sorot bertegangan tinggi di sisi India.

Sejak pemisahan tahun 1947 yang menyebabkan ratusan ribu orang tewas, negara-negara tersebut telah berperang dalam 3 perang lainnya dan menghabiskan setidaknya 25 tahun memperdebatkan klaim atas provinsi Kashmir serta gletser pegunungan. Jumlah korban telah melampaui angka 50.000 nyawa.

8. Korea Selatan dan Korea Utara

Zona Demiliterisasi Korea (DMZ) adalah perbatasan sepanjang 160 mil antara Korea Utara dan Selatan. Kawasan ini dijaga ketat oleh pasukan di kedua sisi dan dilengkapi dengan kawat berduri serta ranjau darat aktif. Berakhirnya Perang Korea tidak mengakhiri permusuhan antara kedua negara, mereka telah berperang selama lebih dari 60 tahun dan tidak mengakui status kedaulatan satu sama lain.

Ratusan orang tewas dalam keadaan tegang ini, termasuk warga negara Amerika. Ketegangan begitu hebat sehingga DMZ diciptakan sebagai semacam zona penyangga untuk menjaga jarak aman antara negara dan pasukan militer masing-masing. Siapa pun yang mencoba melewati garis akan ditembak.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)