Panglima Militer Israel Jenderal Halevi: Kami Gagal, Saya Bertanggung Jawab...

Minggu, 17 Desember 2023 - 10:16 WIB
loading...
A A A
“Keputusan sepersekian detik dapat [mengakibatkan] hidup atau mati,” imbuh Halevi.

Dia menambahkan, “ketiga sandera melakukan segalanya agar kami mengerti [bahwa mereka tidak menimbulkan ancaman]: Mereka bergerak tanpa mengenakan baju sehingga kami tidak mencurigai mereka membawa bom di tubuh mereka, dan memegang kain putih agar tidak ada ancaman. kami akan mengerti.”

Dia menegaskan ada pelanggaran aturan oleh tentara IDF dalam insiden tragis dan menyakitkan ini.

“Penembakan terhadap para sandera dilakukan bertentangan dengan peraturan baku tembak. Dilarang menembaki orang yang mengibarkan bendera putih dan meminta menyerah. Namun penembakan ini dilakukan selama pertempuran dan di bawah tekanan,” kata Halevi.

Halevi mengatakan IDF telah menyelesaikan penyelidikan awal atas insiden tersebut, dan segera mengirimkan protokol baru ke pasukan darat.

"Kami memberi tahu keluarga tentang temuan sulit ini dan mempublikasikannya secara transparan kepada publik,” paparnya.

“Mungkin ada kasus tambahan di mana sandera melarikan diri atau ditinggalkan selama pertempuran, dan kami mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menyelamatkan mereka hidup-hidup,” kata Halevi.

“Pertempuran inilah yang memberikan peluang bagi kembalinya para sandera,” sambung dia, kemungkinan juga merujuk pada kesepakatan sebelumnya dengan Hamas.

“Pasukan kami telah bertempur selama tujuh puluh hari di Gaza dan front lainnya, dengan keberanian dan tekad untuk membela [Israel]. Dalam sekejap, kompleksitas perang kita yang adil di Gaza terungkap,” katanya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)