Bagaimana Hamas Melumpuhkan Sistem AI Israel baik Gospel dan Alchemist?

Sabtu, 16 Desember 2023 - 18:41 WIB
loading...
Bagaimana Hamas Melumpuhkan Sistem AI Israel baik Gospel dan Alchemist?
Tentara Hamas mampu melumpuhkan sistem AI milik Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) digunakan secara luas untuk pertama kalinya dalam peperangan dengan Israel yang menggunakannya untuk mencari dan memprioritaskan target. Namun, pejuang Hamas mampu melumpuhkan sistem AI yang dikendalikan militer Israel.

Sejumlah besar informasi intelijen dimasukkan ke dalam sistem kecerdasan buatan rahasia dari pengawasan elektronik, pesawat terbang, drone, dan satelit.

Sistem ini jauh melampaui apa pun yang dapat diandalkan oleh Hamas, namun keuntungan di lapangan belum hanya dirasakan secara sepihak. Pejuang Hamas secara rutin melancarkan serangan balik hanya dengan dua atau tiga pejuang.

Hamas juga mampu melakukan perlawanan di wilayahnya. Baru-baru ini pada hari Rabu di Shujaiya, sebuah wilayah di kota Gaza, kelompok tersebut menyerang dengan menggunakan tembakan senjata ringan dan IED (alat peledak rakitan) yang terkoordinasi terhadap tim Israel yang beranggotakan empat orang di sebuah gedung.

Ketika komandan Israel kehilangan komunikasi dengan tim pemadam kebakaran, mereka mengirimkan QRF (pasukan reaksi cepat) dari utara dan selatan bangunan.

Bagaimana Hamas Melumpuhkan Sistem AI Israel baik Gospel dan Alchemist?

1. Kalah dengan Serangan Cepat dan Mendadak

Bagaimana Hamas Melumpuhkan Sistem AI Israel baik Gospel dan Alchemist?

Foto/Reuters

Laporan pers Israel mengatakan tahap selanjutnya adalah pertemuan yang penuh penderitaan bagi pasukan mereka. Pasukan tersebut disergap, dengan IED, granat tangan, dan tembakan yang menewaskan lima warga Israel, termasuk seorang komandan batalion, seorang kolonel lainnya, dan tiga mayor.

“Batalyon Shujaiya Hamas masih mampu melaksanakan misi pertahanannya di Shujaiya, yang menunjukkan bahwa pertempuran mereka bukannya tidak efektif,” demikian laporan lembaga think tank Institute for the Study of War (ISW).

Hal ini terjadi meskipun pejabat militer Israel mengklaim awal bulan ini bahwa unit tersebut telah dibongkar.

“Sifat penyergapan yang kompleks dan multi-bagian” memerlukan “koordinasi yang signifikan antara beberapa unit taktis Hamas”, tambah ISW.

Markas besar komando Israel yakin bahwa gesekan yang dapat ditimbulkannya terhadap Hamas dibantu oleh dua sistem – yang dikenal sebagai Gospel dan “Alchemist” – yang dipahami telah berdampak parah pada struktur komando Hamas, sehingga membuat mereka kurang mampu melakukan serangan signifikan di Gaza.


2. Efektif untuk Serangan Udara, bukan Operasi Darat

Bagaimana Hamas Melumpuhkan Sistem AI Israel baik Gospel dan Alchemist?

Foto/Reuters

AI menyaring banyak informasi, yang mencakup pergerakan manusia, potensi lokasi peluncuran roket, dan aktivitas tidak biasa, dan menghasilkan setidaknya 100 target setiap hari. Selain itu, intersepsi sinyal, informan lokal, dan intelijen open source juga diserap oleh Gospel.

Sebelum sistem ini hadir, Israel dapat menghasilkan sekitar 50 target di Gaza dalam setahun, namun kini dapat melakukannya dalam hitungan jam.

Gospel memprioritaskan sasaran karena Israel diketahui kini melakukan serangan yang lebih tepat dengan bom berdiameter kecil GBU-39 seberat 110kg dibandingkan dengan bom seberat 900kg yang menyebabkan kehancuran seperti itu pada awal perang.

Gospel digabungkan dengan Alchemist, yang memantau perbatasan Gaza, dan data dimasukkan ke dalam “pabrik pengetahuan Israel” yang menyaring intelijen.

“Gospel menggabungkan semua informasi intelijen yang dikumpulkan oleh seluruh dinas Israel untuk memberikan solusi penargetan,” kata Sam Cranny-Evans, seorang analis militer di sebuah perusahaan keamanan. “Hal ini memainkan peran penting dalam cara Israel melakukan operasi, karena memungkinkan mereka untuk mencapai lokasi peluncuran roket dalam beberapa menit setelah siap.

“Dalam hal penerapan sistem penargetan AI modern, ini adalah pertama kalinya hal ini dilakukan dalam peperangan sebesar ini.”

“Gaza ideal untuk AI karena wilayahnya kecil dan Israel mempunyai begitu banyak aset yang terfokus pada wilayah tersebut sehingga setiap helai rumput bisa tertutupi,” kata mantan komandan tank Hamish de Bretton-Gordon, dilansir The National News.

Serangan terkoordinasi tersebut diperkirakan berdampak signifikan terhadap kemampuan Hamas dalam melakukan operasi di Gaza.

“Tampaknya Hamas cukup terkejut dengan senjata yang dikerahkan untuk melawan mereka karena perlawanan mereka cukup terpecah,” kata Cranny-Evans, dilansir The National News.

3. Unggul dalam Terowongan dan Medan Perang

Bagaimana Hamas Melumpuhkan Sistem AI Israel baik Gospel dan Alchemist?

Foto/Reuters

Hingga penyergapan massal pada hari Rabu yang menewaskan sembilan orang Israel, pihak militer telah menderita 105 korban jiwa sejak operasi Gaza dimulai, yang dianggap rendah mengingat tingkat kesulitan yang terlibat dalam peperangan perkotaan.

Brigjen Ben Barry, dari lembaga think tank IISS, mengatakan Hamas akan memanfaatkan sistem terowongan dan pengetahuan medan mereka untuk menemukan peluang melakukan penyergapan skala besar.

“Tetapi penargetan yang besar terhadap kepemimpinan militer Hamas akan membuat koordinasi menjadi lebih sulit,” tambahnya. “Namun, Hamas dapat dengan aman menerapkan gaya kepemimpinan yang sangat terdesentralisasi, yang berarti jika mereka melakukan hal tersebut. Jika seorang komandan batalion disingkirkan, kompi-kompi di bawah komandonya mungkin akan terus berperang dengan cukup efektif.”

4. Meminimalisir Risiko dengan Sniper

Bagaimana Hamas Melumpuhkan Sistem AI Israel baik Gospel dan Alchemist?

Foto/Reuters

Pejuang Hamas juga telah menggunakan enam alat penetrator berbentuk bahan peledak (EFP) untuk melawan kendaraan lapis baja Israel, namun hingga saat ini tampaknya hanya sebuah pengangkut personel lapis baja berukuran besar yang dihancurkan, meskipun sejumlah kendaraan telah rusak.

Namun Brigade Al Qassem, sayap militer Hamas, menggunakan beberapa taktik lain termasuk menembakkan roket termobarik ke pasukan khusus Israel di sebuah gedung.

Penembak jitu Hamas juga menyerang tentara Israel di belakang garis depan dan melakukan tiga pemboman mortir dari benteng Khan Younis di Gaza selatan. Mereka juga terus memasang bahan peledak di gedung-gedung – yang disebut dengan “IED yang ditularkan melalui rumah”.

“Bisa jadi pejuang Hamas di Shejaiya lebih bertekad dan bersedia menerima risiko ketika terpojok.” kata Tuan Cranny-Evans. “Mereka juga belajar dari IDF karena mereka telah melakukan kontak dalam waktu yang relatif lama dan harus menyesuaikan taktik mereka.”

Militer Israel juga merancang taktik baru dalam operasi Gaza. Tank Merkava digunakan sebagai senjata “penembak jitu” untuk menghancurkan posisi Hamas yang diidentifikasi di lapangan atau oleh AI.

“Mereka menggunakan rangkaian infra-merah dan optik bermutu tinggi pada tank untuk menembakkan meriam 120mm dengan sangat akurat tepat sasaran,” kata Kolonel de Bretton-Gordon.

“Ada banyak aksi tank, yang sedikit mengejutkan di lingkungan perkotaan, namun Israel juga beroperasi terutama pada malam hari, karena di sanalah mereka mempunyai keunggulan dalam kemampuan penglihatan malam.”

Israel juga mulai menggunakan air laut untuk membanjiri sistem terowongan Hamas yang luas dan mendorong para pejuangnya ke atas tanah, meskipun taktik ini masih dalam tahap penilaian.

Mereka juga kemungkinan akan menggunakan drone khusus untuk terbang di terowongan guna mencari orang dan gudang senjata.

5. Kalah dengan Perang Kota

Bagaimana Hamas Melumpuhkan Sistem AI Israel baik Gospel dan Alchemist?

Foto/Reuters

Sebagian besar analis memperkirakan pertempuran sengit akan berlanjut hingga pertengahan Januari selama AS tidak melakukan intervensi politik besar-besaran sebelumnya.

Diperkirakan pertempuran akan sengit sampai saat itu tiba. “Ada tingkat pengurangan dalam semua ini,” kata Brigjen Barry.

Kolonel de Bretton-Gordon menyatakan bahwa semakin banyak “gesekan yang dialami Hamas, maka semakin sulit untuk berkoordinasi dan melancarkan serangan”.

“Perang perkotaan terkenal sulit namun Israel mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkannya dan mereka mempunyai senjata yang sangat besar dan intelijen yang cerdas,” tambahnya, dilansir The National News.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)