5 Negara Sekutu Israel dengan Anggaran Militer Terbesar, Siapa Saja?

Jum'at, 15 Desember 2023 - 18:16 WIB
loading...
5 Negara Sekutu Israel dengan Anggaran Militer Terbesar, Siapa Saja?
Deretan kapal perang Australia mengikuti latihan militer. Foto/AP
A A A
CANBERRA - Ada lima negara sekutu Israel yang memiliki anggaran militer terbesar di dunia. Salah satunya adalah Amerika Serikat (AS).

Sejak mendeklarasikan kemerdekaan pada 1948, Israel telah membangun hubungan dengan negara-negara lain. Seiring waktu, mereka pun mendapat banyak dukungan hingga menjadikannya sekutu strategis.

Tak sembarang negara, para pendukung Israel ini juga termasuk jajaran yang memiliki kekuatan militer mumpuni. Tak hanya punya tentara banyak, anggaran militernya juga besar.

Lantas, siapa sajakah negara sekutu Israel dengan anggaran militer terbesar? Dihimpun dari data Global Fire Power (GFP), berikut di antaranya.

Negara Sekutu Israel dengan Anggaran Militer Terbesar

1. Amerika Serikat


Amerika Serikat menjadi sekutu utama yang dimiliki Israel. Keberadaanya ini membuat negara-negara lain setidaknya berpikir kembali apabila ingin menyerang Tel Aviv.

Tak hanya dukungan lewat ranah politik, Amerika Serikat juga rutin mengucurkan bantuan militer ke Israel.

Hal ini sejatinya tidak mengherankan, mengingat statusnya sebagai negara dengan militer terkuat dan punya anggaran berlimpah.

Menurut data Global Fire Power (GFP), Amerika Serikat memiliki anggaran pertahanan mencapai USD761,6 miliar. Angka ini menjadikannya yang terbesar di antara negara lain yang turut mendapat pemeringkatan GFP.

Jika dibandingkan posisi kedua yang diisi China, jumlahnya juga terbilang beda jauh. Beijing sendiri punya angka anggaran pertahanan sebesar USD230 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)