Kabinet PM Jepang Fumio Kishida Diguncang Skandal Penggalangan Dana, 4 Menteri Mundur

Jum'at, 15 Desember 2023 - 00:03 WIB
loading...
Kabinet PM Jepang Fumio Kishida Diguncang Skandal Penggalangan Dana, 4 Menteri Mundur
Kabinet PM Jepang Fumio Kishida diguncang skandal penggalangan dana. Foto/Reuters
A A A
TOKYO - Empat menteri kabinet di Jepang mengundurkan diri pada Kamis (14/12/2023) karena skandal penggalangan dana yang melibatkan faksi paling kuat di partai berkuasa.

Lebih dari 500 juta yen USD3,4 juta) diduga telah disimpan dalam dana tertentu selama periode lima tahun hingga tahun 2022.

Nikke melaporkan Jaksa Tokyo juga telah meluncurkan penyelidikan korupsi.

Ini merupakan pukulan terbaru terhadap pemerintahan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida yang semakin tidak populer, yang peringkat dukungannya merosot.

Dukungan publik terhadap Partai Demokrat Liberal (LDP), yang terus berkuasa sejak tahun 1955, turun di bawah 30% untuk pertama kalinya sejak tahun 2012, menurut survei NHK pada hari Selasa.

Para pemilih marah dengan inflasi, serta cara Kishida menangani skandal-skandal sebelumnya.



Kepala Sekretaris Kabinet dan juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno, yang sering dianggap sebagai tangan kanan Kishida dan wajah pemerintahannya, adalah yang paling menonjol dari empat menteri. Menteri Ekonomi dan Industri Yasutoshi Nishimura, Menteri Dalam Negeri Junji Suzuki dan Menteri Pertanian Ichiro Miyashita juga mengundurkan diri pada hari Kamis.

Pengganti mereka diperkirakan akan diumumkan pada akhir hari ini.

Selain itu, lima wakil menteri senior dan seorang wakil menteri parlemen dari faksi yang sama, yang sebelumnya dipimpin oleh mendiang PM Shinzo Abe, juga mengundurkan diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)