Putin: Tidak Ada Perdamaian hingga Tujuan Demiliterisasi Ukraina Tercapai

Kamis, 14 Desember 2023 - 22:34 WIB
loading...
A A A
Berbicara kepada wartawan pada hari Kamis, Putin mengatakan Ukraina telah kehilangan beberapa pasukan terbaiknya dalam upaya mengamankan pijakan di tepi timur sungai Dnipro di wilayah Kherson. “Saya yakin, ini adalah sebuah tragedi bagi mereka,” katanya.

Ketika perang mendekati akhir tahun kedua, Ukraina hanya memperoleh sedikit kemajuan dari serangan balasan yang dimulai pada bulan Juni.

Namun Rusia juga tidak membuat kemajuan nyata sejak merebut kota Bakhmut dengan pengorbanan besar pada bulan Mei. Negara ini menempati sekitar seperenam wilayah Ukraina tetapi tidak sepenuhnya menguasai empat wilayah Ukraina yang diklaimnya tahun lalu sebagai bagian dari Rusia.

Mengenai perang yang sedang berlangsung dan hubungan dengan Barat, Putin berkata: “Keinginan yang tak terkendali untuk menyusup ke perbatasan kita, memasukkan Ukraina ke dalam NATO, semua ini menyebabkan tragedi ini… Mereka memaksa kita melakukan tindakan ini.”

Sementara itu mengenai hubungan Rusia dengan Tiongkok, katanya, “tingkat hubungan kami dengan China berada pada titik tertinggi sepanjang masa”.

Putin juga mengatakan penting bahwa mekanisme PBB, seperti hak veto negara-negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB, tetap berlaku.

Ketika ditanya oleh seorang jurnalis Turki tentang krisis kemanusiaan di Gaza, dia berharap bisa bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada awal tahun 2024.

Saat mengomentari rencana Presiden baru Argentina Javier Milei untuk mendolarisasi perekonomian negaranya, Putin mengatakan hal itu berisiko membahayakan kedaulatan negara.

Pada Olimpiade Musim Panas Paris 2024, Putin mengatakan dia tidak menentang kompetisi Rusia, namun negaranya harus mempertimbangkan apakah akan melakukan hal tersebut jika acara tersebut dirancang untuk menggambarkan olahraga Rusia sebagai olahraga yang “sekarat”.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)