5 Kontroversi COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab

Jum'at, 15 Desember 2023 - 03:30 WIB
loading...
A A A
Meningkatnya suku bunga di negara-negara maju berarti tingginya tingkat utang di negara-negara berkembang menjadi semakin mahal untuk dibayar. Pembayaran utang membuat negara-negara miskin tidak punya banyak investasi di sektor-sektor seperti kesehatan atau mitigasi perubahan iklim. Sekitar 70 negara berada dalam “kesulitan utang”, menurut laporan Dana Moneter Internasional (IMF) yang dirilis pada bulan Agustus, yang berarti negara-negara tersebut telah gagal membayar kembali pinjamannya atau berada di jalur menuju gagal bayar.

Menurut Bhandary, sistem keuangan global harus merestrukturisasi utang negara-negara berkembang agar mereka dapat berinvestasi secara memadai dalam upaya perubahan iklim.

“Ada pengakuan yang luar biasa atas fakta bahwa arsitektur keuangan internasional sebagai suatu sistem harus benar-benar bergerak untuk memperkuat dan membuka kemajuan dalam proses COP,” kata Bhandary.

4. Legitimasi COP28

5 Kontroversi COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab

Foto/Reuters

Al-Jaber dituduh menyangkal ilmu pengetahuan tentang iklim: Pimpinan perusahaan minyak dan gas nasional Abu Dhabi mengecam apa yang disebutnya sebagai upaya berulang kali untuk melemahkan kepresidenannya. Dia mengatakan pertanyaannya tentang ilmu iklim dalam video yang bocor “disalahgunakan di luar konteks”.

Jim Skea, ketua Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim, mengatakan al-Jaber “sangat memperhatikan ilmu pengetahuan seperti yang telah kita diskusikan dan saya pikir telah sepenuhnya memahaminya”.

Adanya tekanan OPEC. OPEC mengeluarkan surat kepada anggotanya pada tanggal 6 Desember untuk “secara proaktif menolak teks atau formula apa pun yang menargetkan energi, yaitu bahan bakar fosil, dan bukan emisi”. Arab Saudi, produsen minyak terbesar, secara de facto adalah pemimpin dari 24 negara anggota kelompok tersebut. Sekretariat juga menyebut kampanye menentang bahan bakar fosil sebagai “bermotif politik”.

Meskipun UEA melarang demonstrasi, beberapa kelompok mengadakan protes di sela-sela aksi mengenai isu-isu termasuk perang Israel-Gaza dan penahanan tahanan politik di UEA. Pada bulan September, kepresidenan COP setuju untuk mengizinkan “aktivis iklim berkumpul secara damai” di pertemuan puncak tersebut.

5. COP29 Digelar di Azerbaijan

5 Kontroversi COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab

Foto/Reuters

Setelah beberapa putaran perundingan di COP28, Azerbaijan diumumkan sebagai tuan rumah COP29 yang dijadwalkan pada November 2024.

Para aktivis sudah mulai mengkritik keputusan tersebut terkait produksi minyak dan catatan hak asasi manusia di negara tersebut. Azerbaijan bukan bagian dari OPEC tetapi berkolaborasi erat dengan kelompok cabang OPEC+ yang memiliki 11 negara tambahan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)