Jangan Percaya Israel, Hamas Jauh dari Runtuh dan Personel Tewas Sangat Kecil

Rabu, 13 Desember 2023 - 09:57 WIB
loading...
A A A
Israel mengatakan pihaknya telah membunuh dua warga sipil Palestina untuk setiap pejuang Hamas, sebuah rasio yang digambarkan oleh juru bicara militer Israel sebagai “sangat positif”.

Namun, lebih banyak warga sipil yang tewas dalam perang yang sedang berlangsung dibandingkan konflik Israel dengan Hamas di masa lalu.

Selama serangan 50 hari Israel di Gaza pada tahun 2014, 2.251 warga Palestina terbunuh, 1.462 di antaranya diyakini warga sipil, menurut PBB.

Sejak Israel melancarkan invasi darat ke Gaza pada 28 Oktober, Hamas telah melakukan penyergapan di atas tanah dan serangan cepat terhadap tank, kendaraan militer, dan patroli Israel, menewaskan sedikitnya 105 tentara Israel.

Abu Ubaidah, juru bicara Brigade al-Qassam, mengatakan pada hari Minggu bahwa para pejuang kelompoknya telah menghancurkan atau merusak 180 kendaraan militer Israel dalam 10 hari pertama setelah gencatan senjata dengan Israel berakhir pada 1 Desember.

Sumber Palestina lainnya yang dekat dengan Hamas, yang berjuang bersama kelompok tersebut hingga tahun 2021 ketika dia mengalami cedera, mengatakan kepada MEE bahwa para pejuang al-Qassam terlibat dalam pertempuran perkotaan yang mengingatkan dunia pada pertempuran dari rumah ke rumah yang terjadi di kota Fallujah, Irak, pada tahun 2004 setelah invasi yang dipimpin AS.

“Apa yang terjadi sekarang di Gaza adalah semacam perang gerilya,” kata sumber tersebut.

"Tidak perlu dan berisiko untuk memobilisasi ribuan kekuatan untuk perang ini. Untuk operasi tabrak lari, tim yang cepat dan beranggotakan sedikit orang sudah cukup. Tim-tim ini juga sangat kecil dalam hal target dan meminimalkan korban," imbuh sumber tersebut.

Menurut para analis, Hamas telah tumbuh lebih kuat sejak tahun 2008, ketika mereka pertama kali menghadapi serangan darat Israel.

Saat itu, Brigade al-Qassam menerjunkan 16.000 pejuang bersama 2.000 pasukan tempur khusus. Sekarang, menurut militer Israel, mereka telah mengumpulkan sebanyak 30.000 pejuang dan memiliki persenjataan drone dan roket.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0976 seconds (0.1#10.140)