Majelis Umum PBB Akan Menuntut Gencatan Senjata di Jalur Gaza

Rabu, 13 Desember 2023 - 01:11 WIB
loading...
A A A
“Dinamikanya berbeda dengan yang terjadi pada bulan Oktober. Lamanya dan intensitas operasi Israel di Gaza telah membuat banyak anggota PBB yakin bahwa gencatan senjata adalah hal yang penting,” kata Gowan.

Israel telah membombardir Gaza dari udara, memberlakukan pengepungan dan melancarkan serangan darat sebagai pembalasan atas serangan Hamas pada 7 Oktober yang menurut Israel menewaskan 1.200 orang dan menyebabkan 240 orang disandera.

Pada bulan Oktober, Kanada mengajukan amandemen untuk menolak dan mengutuk serangan Hamas pada 7 Oktober, namun gagal mendapatkan dua pertiga mayoritas yang dibutuhkan. Para diplomat mengatakan AS berencana untuk mengajukan amandemen serupa.

Rancangan resolusi Majelis Umum yang akan diputuskan juga menuntut pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera dan pihak-pihak yang bertikai harus mematuhi hukum internasional, khususnya yang berkaitan dengan perlindungan warga sipil.

Sebagian besar dari 2,3 juta orang di Gaza telah diusir dari rumah mereka dan PBB telah memberikan peringatan mengerikan mengenai situasi kemanusiaan di wilayah pesisir tersebut, dengan mengatakan bahwa ratusan ribu orang kelaparan.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)