3 Negara Sahabat Palestina di Eropa, Aktif Berikan Dukungan atas Penindasan Israel

Senin, 11 Desember 2023 - 20:02 WIB
loading...
A A A
Tak hanya itu, mereka mempertanyakan legalitas sejumlah serangan udara Israel dan menyerukan sanksi bagi pihak yang bertanggung jawab. Pemerintah Belgia bahkan menyatakan dukungan terhadap peran Pengadilan Kriminal Internasional dalam penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap situasi di Palestina.

Selain pejabat dan tokoh pemerintahan, dukungan juga ditunjukan rakyat Belgia kepada Palestina. Mereka pun cukup sering terlibat demonstrasi atas dasar memprotes kekerasan dan kekejaman Israel di Gaza.

3. Spanyol

3 Negara Sahabat Palestina di Eropa, Aktif Berikan Dukungan atas Penindasan Israel

Foto/Reuters

Spanyol juga memiliki riwayat dukungan panjang untuk Palestina. Tak jarang, mereka membuat Israel marah atas berbagai pernyataan atau tindakan pemerintahannya.

Sejumlah analis mempercayai solidaritas Spanyol terhadap Palestina berakar pada sejarahnya sendiri. Pada 2014, parlemen Spanyol bahkan menyetujui mosi simbolis yang mendukung pengakuan negara Palestina.

Sebagaimana negara lain, dukungan juga diberikan masyarakat setempat. Warga Spanyol sering turun ke jalan guna melakukan aksi protes dan demonstrasi atas kekerasan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina.

Terbaru, pemerintah Spanyol bersama Irlandia, Belgia, dan Malta mendesak para pemimpin Uni Eropa untuk menyerukan gencatan senjata berkelanjutan antara Israel dan Palestina.

Selain ketiga nama di atas, sejatinya masih ada sejumlah negara Eropa lain yang selalu mendukung Palestina. Namun, mereka kurang lantang bersuara akibat tekanan serta pertimbangan-pertimbangan tertentu. Demikian ulasan mengenai negara sahabat Palestina di Eropa yang bisa diketahui.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)