Astronaut Jepang Minta Maaf Telah Tebar Fake News

Rabu, 10 Januari 2018 - 23:21 WIB
Astronaut Jepang Minta Maaf Telah Tebar Fake News
Astronaut Jepang Minta Maaf Telah Tebar Fake News
A A A
TOKYO - Astronaut Jepang Norishige Kanai meminta maaf atas pemberitaan palsu atau fake news soal kejadian yang dia alami selama berada di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS). Kanai semula mengklaim tinggi badannya bertambah 9cm selama tiga minggu berada di ISS.

Kanai kembali mengukur dirinya sendiri setelah sang kapten misi ruang angkasa asal Rusia, Anton Shkaplerov, mempertanyakan pertumbuhannya yang sebenarnya. Ternyata tinggi badannya hanya bertambah 2cm, tidak seperti klaim awal.

Dengan bertambah 2cm, tinggi badan Kanai yang sebenarnya kini 182cm.

“Kesalahan ukur ini tampaknya menjadi masalah besar, jadi saya harus meminta maaf atas fake news yang mengerikan ini,” tulis Kanai pada hari Rabu (10/1/2018), di akun Twitter-nya, @Astro_Kanai.

”Sepertinya saya bisa menyesuaikan diri dengan Soyuz, jadi saya lega,” lanjut Kanai, yang merupakan insinyur penerbangan di Expedition 54/55.

Kanai, 41, menjadi pemberitaan utama pada hari Selasa setelah dia men-tweet bahwa dia telah tumbuh dengan cepat dalam tiga minggu terakhir di ISS.

”Kami mengukur tubuh setelah mencapai ruang angkasa, dan wow, wow, wow, saya benar-benar tumbuh setinggi 9 sentimeter!,” tulis dia.

Kanai mengatakan bahwa dia tidak mengalami lonjakan pertumbuhan seperti itu sejak dia sekolah. Dia kemudian bertanya-tanya apakah dia akan masuk ke pesawat ruang angkasa Soyuz untuk kembali ke Bumi.

Ini adalah misi ruang angkasa pertama untuk Kanai yang tiba di ISS pada bulan Desember 2017, bersama dengan Scott Tingle dari NASA dan Anton Shkaplerov dari Rusia. Dia dijadwalkan untuk kembali dari ISS dengan kapsul ruang Soyuz yang dapat menampung anggota awak setinggi 190cm dan berat 95kg.

Penambahan tinggi badan selama misi ruang angkasa telah menjadi fenomena yang terkenal.

Pada umumnya, astronaut yang menjalankan misi itu akan mengalami penambahan tinggi badan antara 3 hingga 5 cm. Fenomena itu terjadi karena ketiadaan gravitasi yang menyebabkan tulang punggung memanjang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2823 seconds (0.1#10.140)