Ikut Upacara Yahudi, Emmanuel Macron Dituduh Mengkhianati Sekuralisme Prancis

Sabtu, 09 Desember 2023 - 17:43 WIB
loading...
A A A
Bahkan beberapa orang Yahudi Prancis pun bingung. “Ini adalah sesuatu yang tidak boleh terjadi lagi,” kata Yonathan Arfi yang mengepalai Dewan Perwakilan Lembaga Yahudi Prancis (Crif).

“Orang Yahudi Prancis selalu menganggap sekularisme sebagai hukum perlindungan dan kebebasan. Apa pun yang melemahkan sekularisme berarti melemahkan orang Yahudi,” katanya.

Gagasan "sekularisme" dimasukkan ke dalam undang-undang Prancis tahun 1905, setelah perjuangan bertahun-tahun antara negara dan Gereja Katolik Roma. Perjanjian ini mengabadikan kebebasan berkeyakinan, namun mengakhiri keterlibatan negara dalam Gereja dan menghapus semua tanda-tanda agama dari gedung-gedung publik.

Undang-undang tersebut kemudian dianggap sebagai landasan Perancis modern, yang menjamin netralitas ketat antara agama Kristen, Islam, dan Yudaisme, dan menjamin bahwa warga negara dipandang sebagai individu dalam suatu negara dan bukan sebagai anggota dalam suatu komunitas.

Presiden Macron, saat berkunjung ke lokasi pembangunan di Notre-Dame, kemudian mengatakan dia tidak menyesali penyalaan lilin tersebut.

Tindakan Emmanuel Macron yang melanggar doktrin Partai Republik yang telah berusia seabad akan dianggap oleh para kritikus sebagai konfirmasi atas rasa percaya diri yang berlebihan dan hak “Jupiterian”.

Berbicara pada hari Jumat ketika dia melihat pekerjaan renovasi di katedral Notre-Dame, presiden mengatakan dia tidak menyesal, dan bahwa undangannya kepada kepala rabbi dibuat “dalam semangat Republik dan kerukunan”.

“Kalau presiden memang melakukan tindakan keagamaan, atau ikut upacara, itu memang pelanggaran sekularisme. Tapi bukan itu yang terjadi,” ujarnya.

Tindakan ini muncul di akhir rangkaian politik panjang di Gaza di mana Presiden Macron mendapat serangan karena melakukan improvisasi kebijakan.

Para pengkritik mengatakan bahwa ia gagal memberikan garis yang konsisten mengenai perang tersebut, malah berliku-liku dari kedekatannya yang terlalu dekat dengan pihak Israel pada satu saat, hingga pendekatan yang intens terhadap opini Arab pada saat berikutnya: selalu dengan tujuan menenangkan populasi besar Yahudi dan Muslim di negara tersebut. Perancis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)