AS Bekukan Dana untuk Pengungsi Palestina

Sabtu, 06 Januari 2018 - 05:10 WIB
AS Bekukan Dana untuk Pengungsi Palestina
AS Bekukan Dana untuk Pengungsi Palestina
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah membekukan dana sebesar USD125 juta untuk pendanaan sebuah badan PBB yang memberikan bantuan kepada pengungsi Palestina. Langkah ini dilakukan beberapa hari setelah Presiden AS Donald Trump mengancam akan menahan bantuan kepada Palestina.

Menurut situs berita Axios dana tersebut seharusnya diberikan pada 1 Januari, namun dibekukan sampai pemerintah AS menyelesaikan peninjauan kembali bantuannya kepada Otoritas Palestina dengan menyebutkan tiga diplomat asing yang tidak dikenal.

Dana bantuan ini adalah sepertiga dari sumbangan tahunan AS ke Badan Bantuan dan Pekerja PBB (UNRWA). Amerika Serikat adalah donor terbesar untuk lembaga tersebut, dengan janji sebesar hampir USD370 juta pada tahun 2016, menurut situs UNRWA seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (6/1/2017).

Sebelumnya Trump mengatakan bahwa ia akan menahan dana untuk Palestina, menuduh mereka tidak lagi bersedia untuk melakukan pembicaraan damai dengan Israel.

"Kami membayar ratusan juta dollar setahun dan tidak mendapat penghargaan atau penghargaan. Mereka bahkan tidak ingin menegosiasikan sebuah perjanjian damai yang telah lama tertunda dengan Israel," kata Trump di Twitter.

"Dengan orang-orang Palestina tidak lagi mau berbicara damai, mengapa kita harus melakukan pembayaran masa depan yang besar-besaran ini kepada mereka?" imbuhnya.

Baca Juga: Trump Ingin Potong Bantuan ke Palestina usai Geger Yerusalem
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5551 seconds (0.1#10.140)