Selamatkan Diri dari Genosida, Puluhan Ribu Warga Palestina Mengungsi ke Rafah

Kamis, 07 Desember 2023 - 17:32 WIB
loading...
Selamatkan Diri dari Genosida, Puluhan Ribu Warga Palestina Mengungsi ke Rafah
Menyelamatkan diri dari genosida Israel, puluhan ribu warga Palestina asal Jalur Gaza mengungsi ke Rafah. Foto/Ilustrasi
A A A
JALUR GAZA - Ribuan warga Palestina telah melarikan diri ke Rafah ketika tentara Israel secara resmi memperluas operasi militer daratnya ke kota Khan Younis di selatan Jalur Gaza . Mereka menyelamatkan diri dari kematian dan kehancuran akibat serangan membabi buta Israel.

Di tengah kurangnya akomodasi di Rafah, ribuan keluarga asal Jalur Gaza terpaksa memasang tenda di jalan-jalan umum, sekolah, dan lahan terbuka tandus.

Tidak ada air, makanan, listrik, dapur atau kamar mandi di Rafah, meningkatkan penderitaan masyarakat sehari-hari sementara PBB memperingatkan penyebaran penyakit di kalangan penduduk.



“Selama perang saat ini, saya terpaksa mengungsi sebanyak lima kali. Pertama, saya mengungsi dari rumah saya di kota Gaza ke kamp pengungsi Al-Nuseirat. Setelah itu, saya pergi ke Deir al-Balah, lalu ke Khan Younis dan terakhir ke Rafah,” tutur Nashwa Mahani, seorang wanita Palestina yang mengungsi dari kota Khan Younis ke Rafah dua hari lalu seperti dikutip dari The New Arab, Kamis (7/12/2023).

Mahani melarikan diri dari sebuah sekolah di Bani Suhaila yang berada di bawah serangan Israel

"Kami lolos dari kematian menuju nasib yang tidak diketahui. Kami tidak tahu apa yang Israel ingin kami lakukan. Kami lelah dan akan mati karena keadaan yang tidak manusiawi yang kami tinggali di Gaza," kata ibu lima anak berusia 42 tahun itu.

Kerabatnya mendirikan tenda kecil untuknya di Mawasi Rafah, namun tenda tersebut tidak memiliki cukup tempat untuk berteduh.

“Saat anak-anak saya ingin menggunakan kamar mandi, mereka harus pergi ke pasir untuk memenuhi kebutuhannya,” katanya.

"Kami tidak punya privasi apa pun di sini. Segala sesuatu dalam hidup kami dipublikasikan," imbuhnya.

Yang lebih parah lagi bagi Mahani adalah dia tidak mempunyai uang untuk membiayai pengeluaran sehari-hari anak-anaknya.

“Segala sesuatu di wilayah selatan Gaza sangat mahal, dan saya tidak bisa membelinya. Selain itu, UNRWA hanya bisa mendistribusikan beberapa stok makanan seperti tepung terigu dan beberapa makanan kaleng yang tidak cukup untuk anak-anak saya untuk satu hari,” ujarnya.

Menurut PBB, sekitar 85% penduduk Jalur Gaza, atau sekitar 1,9 juta orang di Gaza, menjadi pengungsi internal.

Hampir 1,2 juta pengungsi telah terdaftar di 156 fasilitas PBB di seluruh Jalur Gaza, termasuk sekitar satu juta orang yang terdaftar di 99 tempat penampungan UNRWA di Jalur Gaza tengah dan selatan.

Selama dua hari, puluhan ribu pengungsi terlihat tiba di Rafah, selatan Jalur Gaza, dekat perbatasan dengan Mesir, setelah tentara Israel memperingatkan mereka untuk mengungsi dari kota Khan Younis.



Warga Palestina khawatir Israel akan mendorong lebih banyak orang ke selatan Jalur Gaza dekat perbatasan dengan Mesir sebagai awal untuk memaksa mereka bermigrasi ke wilayah Sinai Mesir.

“Kami belum pernah mengalami perang genosida seperti ini di Gaza. Jelas bahwa Israel ingin mengevakuasi seluruh wilayah kami dari penduduknya dan membangun permukiman di Gaza,” kata Linda Mohammed, seorang pengungsi perempuan, kepada The New Arab.

“Israel membunuh rakyat kami dan menggusur sisanya untuk menciptakan realitas baru di lapangan dan menghukum kami semua selama bertahun-tahun,” tambahnya.

Faksi-faksi Palestina di Jalur Gaza memperingatkan terhadap rencana Israel untuk menggusur penduduk wailaya kantong itu mengingat perang dengan negara Zionis yang sedang berlangsung sudah memasuki bulan ketiga.

“Posisi Palestina yang bersatu secara resmi dan populer adalah dalam menghadapi rencana Israel untuk memindahkan warga kami dari Jalur Gaza ke Sinai (Mesir),” kata faksi-faksi Palestina di Jalur Gaza dalam pernyataan pers bersama.

Pernyataan tersebut menekankan penolakan terhadap rencana pemukiman kembali warga Palestina dari Jalur Gaza, baik di Sinai atau di tempat lain.

"Rakyat Palestina kita memiliki satu tanah air untuk ditinggali, yaitu hanya Palestina,” tegas mereka.

Pernyataan itu juga memperingatkan agar tidak ada konsistensi dengan rencana pengungsian Israel di bawah naungan perlindungan, bantuan kemanusiaan, atau wilayah aman.

Pernyataan faksi-faksi Palestina menambahkan bahwa mereka menghargai posisi prinsip Mesir yang dengan tegas menolak rencana pengungsian, dan menyerukan Kairo untuk mempertahankan posisi ini dan menghadapi agresi Israel dan rencana kriminalnya.

Sejak 7 Oktober, Israel telah melancarkan perang besar-besaran terhadap Gaza dengan nama “Pedang Besi”, yang telah menyebabkan lebih dari 16.000 warga Palestina tewas.

Perang terbaru Israel di Gaza dimulai setelah Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan, yang disebut sebagai "Badai Al-Aqsa", yang menurut pihak berwenang Israel telah merenggut nyawa kurang dari 1.200 warga.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)