Apakah Rusia Mempersenjatai Hamas? Ini Penjelasannya

Kamis, 07 Desember 2023 - 01:03 WIB
loading...
Apakah Rusia Mempersenjatai Hamas? Ini Penjelasannya
Tuduhan Rusia mempersenjatai Hamas membuncah setelah kelompok perlawanan Palestina itu meluncurkan serangan spektakuler ke Israel pada 7 Oktober. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Tuduhan Rusia mempersenjatai Hamas membuncah setelah kelompok perlawanan Palestina itu meluncurkan serangan spektakuler ke Israel pada 7 Oktober. Seketika, perhatian dunia beralih dari perang Rusia-Ukraina ke konflik Timur Tengah.

Ketika perang baru Israel-Hama berkobar di Gaza, para pejabat Ukraina dan beberapa pengamat dengan cepat menuduh Moskow ikut campur dan bahkan tuduhan yang lebih serius–bahwa Rusia memasok senjata kepada kelompok perlawanan Palestina tersebut.

Mereka, tentu saja, tidak memberikan bukti atas tuduhan itu.

“Rusia tertarik untuk memicu perang di Timur Tengah, sehingga sumber penderitaan dan penderitaan baru dapat merusak persatuan dunia, meningkatkan perselisihan dan kontradiksi, dan dengan demikian membantu Rusia menghancurkan kebebasan di Eropa,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat itu.

“Kami melihat para propagandis Rusia bergembira. Kami melihat teman-teman Moskow di Iran secara terbuka mendukung mereka yang menyerang Israel. Dan semua ini merupakan ancaman yang jauh lebih besar dibandingkan apa yang dirasakan dunia saat ini. Perang dunia di masa lalu dimulai dengan agresi lokal.”



Kyrylo Budanov, perwira tinggi intelijen Ukraina, menuduh bahwa Moskow mungkin telah memberi Hamas senjata yang direbut dari Ukraina sebagai cara sempurna untuk menutupi sidik jari Rusia.

“Kita semua melihat dengan jelas bahwa senjata trofi dari Ukraina memang telah diserahkan kepada kelompok Hamas. Kebanyakan adalah senjata infanteri,” katanya kepada surat kabar Ukrainska Pravda pada 12 Oktober.

Namun beberapa ahli telah memperingatkan bahwa meskipun ada hubungan baik antara Rusia, Hamas, dan Iran selama puluhan tahun, tidak ada bukti nyata adanya pasokan senjata dari Rusia.

“Kami tidak melihat hal yang utama–pernyataan dari militer Israel dan demonstrasi senjata Hamas yang mereka sita,” kata Nikolay Mitrokhin dari Universitas Bremen Jerman mengatakan kepada Al Jazeera.

“Sejauh ini, tidak ada bukti adanya pasokan senjata dalam jumlah besar dari Rusia ke Gaza,” katanya. “Kemungkinan besar isu-isu tersebut akan muncul setelah [Israel menyelesaikan] pembersihan Gaza, namun baru setelah itu menjadi masuk akal untuk membicarakannya.”

Pada 2 November, Aleksander Venediktov, dari Dewan Keamanan Rusia, mengatakan kepada kantor berita RIA Novosti, “Spekulasi semacam itu merupakan provokasi terbuka.”

Setelah serangan Hamas, Israel memulai kampanye pengeboman tanpa henti di Gaza, dengan tujuan untuk menghancurkan kelompok Palestina yang memerintah daerah kantong padat penduduk tersebut.

Lebih dari 1.200 orang tewas di Israel–di antaranya lebih dari selusin warga negara Rusia–dan lebih dari 200 orang disandera dalam serangan Hamas. Serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 16.000 warga Palestina.

Vera Mironova, seorang pakar keamanan Rusia-Amerika dan penulis, telah memperbarui klaim senjata tersebut, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa seorang mantan pejabat keamanan senior AS sedang bersiap untuk merilis laporan rinci tentang dugaan hubungan antara serangan Hamas dan Rusia.

“Itu benar-benar dikoordinasikan dengan Moskow,” kata Mironova, yang saat ini menjadi peneliti di Universitas Harvard.

“Presiden Rusia Vladimir Putin tidak mengatakan hal-hal seperti ‘serangan [Israel], tapi itu 100 persen terkoordinasi’,” klaimnya.

Mironova kembali menuduh bahwa Rusia memasok senjata ke Hamas–dan melakukannya melalui Iran dan Suriah untuk “menjauhkan diri” dari konflik tersebut.

“Rusia memiliki cukup senjata untuk memasok, upaya perangnya di Ukraina dan sekutunya di Timur Tengah,” klaimnya.

Sebagai imbalannya, katanya, Iran memberi Rusia drone kamikaze yang lebih murah sehingga kawanan mereka diluncurkan untuk mendatangkan malapetaka dan membanjiri sistem pertahanan udara yang dipasok Barat seperti MIM-104 Patriot buatan AS atau NASAMS buatan Norwegia.

Tuduhan Mironova belum bisa diverifikasi secara independen, terlebih tak ada bukti rincian jenis senjata Rusia untuk Hamas seperti yang dituduhkan.

Tuduhan tidak terdokumentasi mengenai pengiriman senjata bersifat dua arah.

Bulan lalu, mantan presiden yang juga mantan perdana menteri Rusia Dmitry Medvedev menyatakan bahwa senjata NATO yang dikirim ke Ukraina “berakhir” di tangan pejuang Hamas.

“Jadi, teman-teman NATO, permainan sudah berakhir? Senjata yang dipasok ke rezim Nazi di Ukraina secara aktif digunakan di Israel,” tulis Medvedev, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia, di Telegram pada 9 Oktober.

"Itu hanya akan memburuk. Harapkan rudal, tank, dan segera pesawat dari Kyiv ada di pasar gelap,” tulisnya.

Menurut Igar Tyshkevich, pakar kebijakan luar negeri di Institut Masa Depan Ukraina yang berbasis di Kyiv, Rusia mungkin telah mengirimkan senjata-senjata Barat yang disita di Ukraina, namun kemungkinan sumber senjata-senjata ini mungkin berasal dari Afghanistan, di mana sejumlah besar peralatan Barat tertinggal “setelah penarikan orang Amerika secara tergesa-gesa” pada tahun 2021.

Sumber lain yang mungkin adalah Irak, tempat Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran berpihak pada pasukan Irak pro-AS untuk melawan ISIS pada tahun 2014, katanya kepada Al Jazeera.

Suriah bisa saja menjadi salah satu sumber persenjataan–mengingat kehadiran pasukan AS di masa lalu dan kedekatan politik Presiden Bashar al-Assad dengan Iran, imbuh dia.

Hamas, pada bagiannya, belum mengomentari klaim lanjutan mengenai sumber pasokan senjatanya.

Pada 26 Oktober, Rusia menjadi tuan rumah bagi para pemimpin Hamas, sebuah tindakan menantang terhadap Barat yang kemungkinan besar bertujuan untuk menunjukkan kekuatan diplomatiknya.

Israel mengecam pertemuan di Moskow sebagai hal yang “tercela”.

Beberapa hari sebelumnya, Hamas mengucapkan terima kasih kepada Putin atas dukungan diplomatiknya. Pemimpin Rusia itu membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengutuk serangan Hamas, dan dalam komentar pertamanya mengenai krisis tersebut, ia menyalahkan “kegagalan kebijakan Amerika Serikat di Timur Tengah”.

“[Kami] menghargai posisi Presiden Rusia Vladimir Putin mengenai agresi Zionis yang sedang berlangsung terhadap rakyat kami dan penolakannya terhadap pengepungan Gaza, pemotongan pasokan bantuan, dan penargetan warga sipil yang aman di sana,” kata Hamas dalam sebuah pernyataan pada 15 Oktober.

Hubungan Rusia dengan Hamas dan Israel


Hubungan Rusia saat ini dengan Israel dan Hamas sudah ada sejak puluhan tahun atau era Soviet.

Pemimpin Soviet Joseph Stalin menyambut baik berdirinya Israel pada tahun 1948, dengan harapan negara itu akan menjadi negara sosialis pro-Moskow.

Namun setelah Israel bersekutu dengan Barat, Soviet mulai menjalin hubungan dengan para pemimpin Palestina–dan melatih ratusan pejuang di sekolah-sekolah KGB.

Ribuan warga Palestina lainnya belajar di universitas-universitas di seluruh Uni Soviet, dari Tallinn hingga Tashkent–dan salah satunya adalah Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas.

Dia menulis disertasi PhD berjudul “Wajah Tersembunyi: Hubungan antara Zionisme dan Nazisme” di Moskow pada tahun 1982 di bawah bimbingan Yevgeny Primakov, seorang Arabis dan kemudian menjadi direktur Institut Studi Oriental di Akademi Ilmu Pengetahuan Uni Soviet.

Primakov, seorang mata-mata, kemudian menjadi menteri luar negeri Rusia pasca-Soviet dan kemudian menjadi perdana menteri pada tahun 1990-an.

Pada tahun 1967, Kremlin menyebut Israel sebagai “penghasut perang Zionis” dan memutuskan hubungan diplomatik karena perang Arab-Israel.

Namun setelah jutaan orang Yahudi pasca-Soviet pindah ke Israel, Israel mulai menjalin hubungan lebih dekat dengan Moskow.

Menurut pakar Chatham House, Nikolay Kozhanov dan James Nixey, “perang Hamas-Israel kemungkinan besar berarti akhir dari kebijakan Rusia yang telah berlangsung selama puluhan tahun untuk menyeimbangkan antar pemain di Timur Tengah”.

Dalam sebuah artikel baru-baru ini, mereka menulis bahwa mengingat sambutan Rusia terhadap delegasi Hamas di Moskow pada bulan Oktober, penolakan Rusia untuk mengutuk serangan awal Hamas, dan aliansi eratnya dengan Iran, “Tel Aviv tidak lagi menganggap Rusia sebagai sekutu dan mungkin akan menolaknya sebagai mediator.”
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)