Mengapa Hamas Bisa Menjadi Lebih Kuat setelah Gencatan Senjata?

Selasa, 05 Desember 2023 - 05:52 WIB
loading...
Mengapa Hamas Bisa Menjadi Lebih Kuat setelah Gencatan Senjata?
Tentara Hamas makin tangguh selepas gencatan senjata. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Meskipun banyak perhatian telah diberikan pada bantuan kemanusiaan yang dimungkinkan oleh gencatan senjata selama seminggu antara Hamas dan Israel. Para ahli militer mencatat bahwa jeda tersebut mungkin memberi Hamas kesempatan untuk memperkuat dan memasok kembali pasukannya ketika perang kembali terjadi pada hari Jumat.

Gencatan senjata tersebut telah membuahkan keberhasilan dalam pembebasan puluhan sandera Israel dan asing lainnya serta ratusan tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel. Namun para pejabat Israel dan AS sebelumnya menganjurkan “jeda” dalam pertempuran dibandingkan gencatan senjata secara umum, dan menyatakan secara terbuka pada minggu-minggu sebelum gencatan senjata bahwa gencatan senjata secara umum akan menguntungkan Hamas.

Namun, karena jeda jangka pendek tersebut diperpanjang setiap hari selama seminggu terakhir, setidaknya hal tersebut setara dengan gencatan senjata sementara.

Kekhawatirannya adalah bahwa Hamas akan menjadi lebih kuat sehingga pasukannya dapat merespons serangan darat dan udara Israel yang menghancurkan di Gaza utara, dan mungkin juga di Gaza selatan, di mana banyak dari 2 juta penduduk sipil di wilayah kantong tersebut kini berada setelah mengindahkan peringatan Israel untuk meninggalkan Gaza utara. sebelum pasukan Israel menyerang di sana.

Pertanyaan apakah Hamas mendapat manfaat dari gencatan senjata sementara mungkin akan terjawab segera setelah Israel melanjutkan operasi ofensifnya pada hari Jumat dengan melancarkan serangan udara di Jalur Gaza setelah Israel mengatakan Hamas telah melanggar ketentuan gencatan senjata.

Awal pekan ini, juru bicara keamanan nasional AS John Kirby mengakui adanya "risiko nyata" bahwa Hamas mungkin mendapat manfaat dari perpanjangan gencatan senjata setiap hari untuk memungkinkan berlanjutnya pemindahan sandera Israel dan asing lainnya serta tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

“Kami mengawasi hal itu dengan cermat dan rekan-rekan kami di Israel, Anda bisa yakin [mereka] juga mengawasi hal itu dengan cermat,” kata John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional mengatakan kepada wartawan Gedung Putih pada hari Senin, dilansir ABC News.

“Saya hanya akan mengatakan bahwa tanpa membahas masalah intelijen, jeda apa pun dalam pertempuran dapat menguntungkan musuh Anda dalam hal waktu untuk melakukan perbaikan, untuk mengistirahatkan pejuang Anda, untuk mempersenjatai kembali mereka, memperlengkapi mereka kembali,” kata Kirby.



“Jeda dalam pertarungan bisa dilihat sebagai sebuah keuntungan, tapi sekali lagi, saya ingin menekankan bahwa ini selalu menjadi bagian dari perhitungan," ungkap Kirby.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)