5 Strategi Klasik Abdel Fattah el-Sisi untuk Memenangkan Pemilu Mesir

Selasa, 05 Desember 2023 - 01:50 WIB
loading...
A A A
Selama dua bulan terakhir, Amnesty International menemukan bahwa pemerintah Mesir menangkap sedikitnya 196 orang atas tuduhan berpartisipasi dalam protes tidak sah, menyebarkan berita palsu, dan terorisme.

Pemilihan presiden Mesir semula dijadwalkan berlangsung pada April 2024 tetapi diundur oleh el-Sisi.

5. Mengandalkan Utang IMF

5 Strategi Klasik Abdel Fattah el-Sisi untuk Memenangkan Pemilu Mesir

Foto/Reuters

Mostafa al-A’sar, seorang peneliti non-residen di Institut Tahrir untuk Kebijakan Timur Tengah, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada suara Arab dalam perdebatan kebijakan, mengatakan el-Sisi ingin terpilih kembali sebelum menerapkan langkah-langkah penghematan yang melumpuhkan.

Dia menjelaskan bahwa el-Sisi menginginkan legitimasi kemenangan pemilu baru untuk membenarkan upaya meredam perbedaan pendapat yang mungkin muncul dari kebijakan ekonominya.

“Dia melakukan pemilu ini untuk memulihkan legitimasinya,” katanya kepada Al Jazeera.

Selama 10 tahun terakhir, el-Sisi telah meminjam dari kreditor asing untuk membiayai beberapa proyek seperti ibu kota administratif baru. Belanja besar-besaran yang dilakukannya telah meningkatkan utang luar negeri Mesir sebanyak empat kali lipat, yang membutuhkan lebih dari USD28 miliar untuk membayar cicilan tahun depan saja.

IMF juga telah memberikan pinjaman sebesar USD3 miliar kepada Mesir, namun program tersebut keluar jalur karena keengganan el-Sisi untuk menjual aset-aset negara dan mengambangkan mata uang yang sudah terdevaluasi.

Terlepas dari tantangan yang ada, al-Sisi menepis kemarahan masyarakat dengan kenaikan harga yang membuat bahan makanan pokok seperti roti menjadi tidak terjangkau.

Dia meminta rakyat Mesir berkorban untuk membantu negaranya memasuki fase kemakmuran di masa depan.

“Jika kemajuan, kemakmuran dan pembangunan harus dibayar dengan kelaparan dan kekurangan,” katanya pada bulan Oktober, “maka masyarakat Mesir tidak akan menghindar dari kemajuan. Jangan katakan: Lebih baik makan.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)