Sektor Real Estate China Lesu, Hancurkan Mitos Harga Selalu Naik

Senin, 04 Desember 2023 - 17:55 WIB
loading...
Sektor Real Estate China Lesu, Hancurkan Mitos Harga Selalu Naik
Krisis real estate China telah memasuki fase kritis. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Krisis real estate China memasuki fase kritis ketika pengadilan Hong Kong diperkirakan akan mengeluarkan keputusan tentang likuidasi China Evergrande Group yang pernah menjadi pengembang terbesar di negara tersebut.

Kemerosotan berkepanjangan dalam industri ini, yang menyumbang sekitar 30 persen dari produk domestik bruto China, memberikan dampak besar terhadap perekonomian dan masyarakat secara keseluruhan, dan tampaknya kondisi ini akan terus berlanjut.

"Mitos kenaikan harga telah hancur total," kata Huang Li, seorang konsultan real estate di kota Guangzhou dengan menggunakan nama samaran.

"Tidak ada yang akan membeli dengan harga saat ini," sambung dia, seperti dikutip dari Nikkei Asia, Senin, (4/12/2023).



Kota Huizhou adalah komunitas kamar tidur di kota tetangga Hong Kong, Shenzhen, yang memiliki sejumlah perusahaan teknologi informasi. Pada awal November, ketika calon pembeli datang untuk melihat sebuah kondominium baru di pasar, seorang penjual berbisik: "Kami menjualnya seharga 12.000 yuan (USD1.698) per meter persegi, diskon 25 persen, tapi kami akan diam-diam membatalkannya menjadi 11.000 yuan."

Harga kondominium diturunkan menjadi sedikit di atas 10.000 yuan per meter persegi, hampir 40 persen lebih rendah dari harga aslinya. Bahkan dengan pemotongan harga yang besar, agen real estate dapat meringankan masalah arus kas mereka jika dapat menjual properti yang sudah tercatat dalam pembukuan mereka.

Namun pemerintah daerah membatasi kebebasan mereka untuk melakukan hal tersebut. Menurut seseorang yang mengetahui situasi tersebut, pembeli rumah yang menandatangani kontrak sebelum pemotongan harga memprotes bahwa mereka tidak adil. Khawatir protes akan menyebar, pihak berwenang menginstruksikan penjual untuk membatasi diskon mereka.

Ada alasan lain mengapa pemerintah daerah enggan membiarkan harga turun. Di China, yang tanahnya dimiliki oleh negara, pemerintah daerah telah menjual hak guna tanah kepada perusahaan real estate. Ini adalah sumber pendapatan berharga, dan pemotongan harga dapat berdampak buruk pada keuangan pemerintah daerah.

Dengan sedikitnya pembeli dan adanya batasan seberapa jauh mereka dapat menurunkan harga, penjualan tampaknya akan semakin menurun. Persediaan konstruksi baru untuk periode Januari hingga Oktober naik 20 persen dibandingkan periode sama tahun lalu dan dampak distorsi pasar terus meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)