Seorang Pria Serang Turis Dekat Menara Eifel, 1 Tewas dan 2 Terluka

Minggu, 03 Desember 2023 - 07:38 WIB
loading...
Seorang Pria Serang Turis Dekat Menara Eifel, 1 Tewas dan 2 Terluka
Seorang pria menyerang turis di dekat menara Eifel, 1 tewas dan 2 lainnya terluka. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
PARIS - Setidaknya satu orang tewas dan dua lainnya terluka setelah seorang pria menyerang wisatawan di pusat kota Paris, Prancis dekat Menara Eiffel. Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin, Sabtu waktu setempat.

"Polisi segera menangkap pria berusia 26 tahun, warga negara Prancis, dengan menggunakan senjata bius Taser," kata Darmanin kepada wartawan.

"Tersangka termasuk dalam daftar pengawasan dinas keamanan Prancis dan juga dikenal menderita gangguan kejiwaan," tambah Menteri Dalam Negeri Prancis seperti dikutip dari Reuters, Minggu (3/12/2023).



Serangan itu terjadi sekitar pukul 19.00 waktu setempat ketika pria tersebut menyerang pasangan turis dengan pisau di Quai de Grenelle, beberapa meter dari Menara Eiffel, hingga melukai seorang warga negara Jerman.

Dia kemudian dikejar polisi dan menyerang dua orang lainnya dengan pemukul sebelum ditangkap.

"Tersangka meneriakkan 'Allahu Akbar' dan mengatakan kepada polisi bahwa dia kesal karena begitu banyak Muslim yang meninggal di Afghanistan dan Palestina dan juga kesal dengan situasi Gaza," ungkap Darmanin.



Kantor berita Prancis, Agence France Presse (AFP) melaporkan, kantor kejaksaan antiterorisme Prancis telah ditugaskan untuk melakukan penyelidikan.

Insiden pada Sabtu malam di pusat kota Paris itu terjadi kurang dari delapan bulan sebelum Ibu Kota Prancis tersebut menjadi tuan rumah Olimpiade dan dapat menimbulkan pertanyaan tentang keamanan terhadap acara olahraga global tersebut.

Paris merencanakan upacara pembukaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di sungai Seine yang dapat menarik sebanyak 600.000 penonton.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)