AS Geram Drone Iran Usik Kapal Induk USS Eisenhower dari Jarak 1.370 Meter

Sabtu, 02 Desember 2023 - 03:48 WIB
loading...
AS Geram Drone Iran Usik Kapal Induk USS Eisenhower dari Jarak 1.370 Meter
Angkatan Laut AS geram dengan manuver drone Iran yang mengusik operasi kapal induk USS Dwight D Eisenhower di sekitar Selat Hormuz. Foto/REUTERS
A A A
MANAMA - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) geram dengan manuver sebuah drone Iran yang mengusik operasi kapal induk USS Dwight D Eisenhower di sekitar Selat Hormuz.

Menurut pernyataan Angkatan Laut, drone Iran terbang dalam jarak 1.500 yard (1.370 meter) dari kapal induk Eisenhower yang sedang melakukan operasi penerbangan pada hari Selasa.

Komandan Komando Pusat Angkatan Laut AS, Wakil Laksamana Brad Cooper, mengatakan bahwa drone tersebut telah melanggar tindakan pencegahan keselamatan dengan tidak berada lebih dari 10 mil laut (18,5 kilometer) dari kapal.



Drone tersebut mengabaikan beberapa peringatan namun akhirnya berbalik arah.

“Perilaku Iran yang tidak aman, tidak profesional, dan tidak bertanggung jawab ini membahayakan nyawa [perosonel] AS dan negara mitranya dan harus segera dihentikan,” kata Cooper.

Televisi pemerintah Iran sebelumnya menayangkan rekaman drone yang membuntuti kapal induk tersebut, termasuk data yang menunjukkan bahwa drone merekam kapal tersebut di mulut sempit Teluk Arab, Selat Hormuz.

Pesawat dapat dilihat di dek kapal Eisenhower dalam rekaman tersebut.

Sementara itu, Inggris telah mengirim salah satu kapal perangnya yang paling canggih ke Teluk ketika situasi sedang memanas terkait perang Israel-Hamas di Gaza, Palestina.

London berdalih kehadiran kapal perang HMS Diamond untuk melakukan operasi guna menjamin kebebasan navigasi, meyakinkan kapal dagang dan memastikan arus perdagangan yang aman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)