Rusia Bongkar Peran Merusak AS, Negara-negara Barat, dan Israel di Timur Tengah

Kamis, 30 November 2023 - 18:27 WIB
loading...
Rusia Bongkar Peran Merusak AS, Negara-negara Barat, dan Israel di Timur Tengah
Perwakilan Tetap Rusia untuk PBB Vasily Nebenzia menghadiri pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang konflik antara Israel dan Hamas, di New York City, New York, AS, 29 November 2023. Foto/REUTERS/Brendan McDermid
A A A
NEW YORK - Rusia menuding Amerika Serikat (AS) memainkan “peran destruktif” dalam eskalasi konflik Israel-Palestina akibat kebijakan Washington di Timur Tengah.

Negara-negara Barat tidak tertarik melindungi kepentingan rakyat Palestina, mereka menganggap Palestina sebagai masyarakat kelas dua, menurut Perwakilan Tetap Rusia untuk PBB Vasily Nebenzia.

“Selama pekan-pekan ini, satu fakta yang sangat tidak menyenangkan menjadi jelas: Palestina adalah bangsa kelas dua bagi Barat yang tidak tertarik untuk melindungi kepentingan mereka. Ini adalah alasan utama permasalahan yang dihadapi Dewan dalam mengambil keputusan,” ungkap diplomat tersebut pada pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai situasi di Timur Tengah.

“Selama hampir dua bulan, komunitas internasional, lembaga kemanusiaan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat umum telah menyerukan kepada Dewan untuk menuntut agar pihak-pihak yang bersengketa segera melakukan gencatan senjata. Rusia telah mengatakan hal ini sejak awal eskalasi,” tegas Nebenzia, dilansir Palestine Chronicle.

“Tetapi seruan ini belum terdengar. Dan gencatan senjata yang berkelanjutan bukan hanya merupakan keharusan moral, namun merupakan satu-satunya jaminan respons kemanusiaan yang efektif, yang tidak dapat dilakukan dalam kondisi permusuhan,” ujar diplomat tersebut.



Utusan Rusia tersebut menunjukkan resolusi Timur Tengah yang diadopsi Dewan Keamanan PBB sebagai akibat dari posisi AS hanya memberikan jeda kemanusiaan dan tidak memiliki mekanisme memantau pelaksanaan ketentuan-ketentuannya.

“Pesan awalnya yang benar ternyata sangat dikebiri oleh upaya AS dan tidak memuat persyaratan gencatan senjata, serta tidak memberikan langkah-langkah praktis memastikan akses yang luas dan tanpa hambatan bagi mereka yang membutuhkan, untuk memberikan bantuan kepada para korban,” ujar Nebenzia.

Pada tanggal 15 November, Dewan Keamanan PBB mengadopsi rancangan resolusi kemanusiaan Malta mengenai Timur Tengah yang bertujuan membantu anak-anak di zona konflik Palestina-Israel.

Dari 15 anggota Dewan, 12 mendukung dokumen tersebut, sedangkan Inggris, Rusia dan Amerika Serikat abstain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)