AS: Kami Paling Kredibel Urusi Masalah Palestina-Israel

Minggu, 10 Desember 2017 - 13:18 WIB
AS: Kami Paling Kredibel Urusi Masalah Palestina-Israel
AS: Kami Paling Kredibel Urusi Masalah Palestina-Israel
A A A
NEW YORK -
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley, mengklaim bahwa hanya AS, dan bukan 14 negara lain yang dii Dewan Keamanan (DK) PBB, yang memiliki kredibilitas dalam hal menengahi konflik Israel-Palestina.

Berbicara dalam sesi khusus mengenai Yerusalem di DK PBB, Haley menyatakan PBB tidak melakukan apapun untuk membantu menyelesaikan masalah Israel-Palestina. Justru menurutnya PBB terus menerus merusak prospek damai antara Israel-Palestina.

"PBB telah berbuat lebih banyak untuk merusak prospek perdamaian Timur Tengah daripada memajukan mereka. Kami tidak akan menjadi pihak untuk itu. AS tidak lagi berdiri saat Israel diserang secara tidak adil di PBB, tidak akan diajari oleh negara-negara yang tidak memiliki kredibilitas dalam hal memperlakukan orang Israel dan Palestina secara adil," ucap Haley, seperti dilansir Russia Today pada Minggu (10/12).

Dia kemudian memberikan contoh sejumlah kesepakatan damai yang berhasil dicapai saat AS menjadi penengahnya. Dia menyebut kesepakatan damai antara Mesir-Israel, dan Yordania-Israel, sukses dicapai atas campur tangan AS, dengan bukti kesepakatan itu ditekan di Gedung Putih.

"Bukan suatu kebetulan bahwa kesepakatan damai bersejarah antara Mesir dan Israel, dan antara Yordania dan Israel, keduanya ditandatangani di halaman rumput Gedung Putih. Jika dan ketika ada kesepakatan damai bersejarah antara Israel dan Palestina, ada kemungkinan bagus, bahwa hal itu juga akan ditandatangani di halaman Gedung Putih," ungkapnya.

"Mengapa demikian? Itu karena AS memiliki kredibilitas dengan kedua belah pihak. Israel tidak akan pernah, dan tidak boleh, diintimidasi oleh PBB, atau oleh kumpulan negara-negara yang telah membuktikan bahwa mereka mengabaikan keamanan Israel," tambah Haley.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4345 seconds (0.1#10.140)