Dari Mana Israel Membeli Senjatanya?

Rabu, 29 November 2023 - 09:04 WIB
loading...
A A A
Kapal selam itu selain torpedo juga mampu meluncurkan rudal jelajah bersenjata nuklir. Secara formal, Israel tidak membenarkan atau menyangkal memiliki senjata nuklir tersebut.

Kemurahan Hati Pembayar Pajak Amerika


Hal terbaik tentang kontrak senjata Israel dengan Amerika Serikat adalah bahwa mayoritas kontrak senjata tersebut secara efektif diberikan kepada Israel secara gratis.

Antara tahun 1948 dan 2023, Amerika Serikat memberi Israel lebih dari USD260 miliar bantuan militer dan ekonomi, ditambah setidaknya USD10 miliar lagi untuk pengembangan senjata bersama seperti Iron Dome.

AS telah mengucurkan lebih dari USD3 miliar bantuan kepada Israel sejak tahun 2004, termasuk sekitar USD3,2 miliar pada tahun 2022.

Di tengah krisis Gaza, Biden baru-baru ini meminta Kongres memberikan bantuan tambahan sebesar USD14,3 miliar, yang jika disetujui akan menjadi paket pendanaan terbesar ke Israel setidaknya sejak 1979.

Lebih dari 99% bantuan AS kepada Israel bersifat militer, dan pembelanjaan tersebut merupakan solusi yang menguntungkan bagi pemerintah Israel.

Dengan demikian, Israel hanya perlu mengeluarkan lebih sedikit uangnya untuk pembelian senjata di luar negeri dan selanjutnya dapat mengalihkan dana tunai ke prioritas lain seperti layanan kesehatan.

Bagi kontraktor pertahanan Amerika, mereka mendapat jaminan pesanan yang stabil, terjamin, dan bersubsidi atas izin Paman Sam.

Kenyataannya, satu-satunya pihak yang dirugikan dalam perjanjian ini adalah para pembayar pajak biasa di AS, yang dibiarkan menanggung beban pertahanan Israel, dan menghadapi bahaya yang semakin besar yaitu AS gagal bayar utang dan melenyapkan perekonomian seiring dengan utang nasional Amerika yang mendekati USD34 triliun.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)