Dari Mana Israel Membeli Senjatanya?

Rabu, 29 November 2023 - 09:04 WIB
loading...
A A A
Pesawat AS mendominasi armada pesawat utilitas, intelijen elektronik, transportasi dan pengisian bahan bakar udara Israel, serta persediaan helikopternya, termasuk Bell AH-1 Cobra, Boeing AH-64 Apache, serta jajaran pesawat tempur Sikorsky CH-53 dan helikopter pengangkut S-70.

Anak perusahaan Northrup Grumman, Ingalls Shipbuilding di Pascagoula, Mississippi, dengan murah hati membangun armada korvet angkatan laut kelas 5 Sa’ar Israel.

Dan Sistem Pertahanan Rafael Israel mendapat bantuan dari Raytheon untuk membangun sistem anti-roket dan drone Iron Dome.

Senjata yang lebih murah dan mencolok namun tidak kalah pentingnya yang dibuat di AS dan dikirim ke Israel mencakup serangkaian senapan mesin ringan, senapan serbu dan penembak jitu, senapan mesin berat M60 serba guna dan senapan mesin berat Browning M2, sistem roket yang diluncurkan di bahu M72 LAW 66 mm, peluncur granat M203, Mk 19 dan Mk 47, serta rudal anti-tank TOW.

Dari segi kendaraan, AS telah menjual APC M113, Humvee, truk M35 dan HEMTT, serta buldoser, ekskavator, dan wheel loader Caterpillar, yang telah dilengkapi lapis baja oleh Israel.

Semua itu dikirim untuk meratakan gedung-gedung warga Palestina atau anggota keluarga mereka secara sewenang-wenang.

Peralatan tambahan termasuk kendaraan pemulihan M88, howitzer self-propelled M109 155-mm yang disesuaikan, sistem roket peluncuran ganda M270 yang dimodifikasi (yang telah diubah Israel agar kompatibel dengan roket buatan Israel), dan rudal permukaan-ke-udara MIM-104 Patriot sistem.

Daftar persenjataan yang dijual ke Israel oleh negara lain selain AS jauh lebih sederhana, dan mencakup senjata seperti pistol bawah air Heckler & Koch P11 buatan Jerman yang digunakan oleh pasukan khusus Israel, pistol Beretta M1951 buatan Italia, senjata mesin FN MAG Belgia, senapan sniper Mauser 86SR Jerman, kendaraan utilitas MDT David Inggris-Israel yang disesuaikan, dan truk berat Unimog 437 Jerman.

Di udara, Israel mengandalkan jet latih G-120 buatan Jerman dan jet latih Aermacchi M-346 Master buatan Italia, serta beberapa helikopter patroli maritim Eurocopter Panther buatan Prancis.

Di laut, bersama dengan korvet kelas Sa'ar 5 buatan AS, Israel telah menerima pengiriman empat korvet peluncur rudal buatan Jerman yang dikenal sebagai Sa'ar 6, ditambah kapal selam diesel-listrik Dolphin 1 dan Dolphin 2 milik Jerman.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)