5 Dampak Buruk Gencatan Senjata bagi Hamas dalam Perang Melawan Israel

Selasa, 28 November 2023 - 19:57 WIB
loading...
A A A
Meski di forum internasional, posisi Hamas semakin kuat. Tapi, di Gaza, dengan gencatan senjata menunjukkan bahwa upaya Hamas untuk meraih dukungan bisa saja menurun. Apalagi, banyak faksi di Gaza yang juga bersaing.

5. Bisa Mewujudkan Perdamaian

5 Dampak Buruk Gencatan Senjata bagi Hamas dalam Perang Melawan Israel

Foto/Reuters

Joshi dari Universitas Notre Dame mengatakan “fokus sempit” dari gencatan senjata saat ini antara Israel dan Hamas, terbatas pada “jeda dalam pertempuran dan pertukaran tahanan”, berarti gencatan senjata tersebut “ditakdirkan untuk gagal”.

Jika bidang kebijakan dibiarkan kabur atau tidak tersentuh dalam perjanjian perdamaian, seperti yang terjadi pada putaran perundingan Israel-Palestina sebelumnya, seperti Perjanjian Oslo dan seterusnya – maka akan selalu ada kebutuhan untuk putaran perundingan tambahan untuk menyempurnakan perjanjian tersebut.

“Entah itu atau kekerasan akan berlanjut,” kata Joshi. “Karena kesepakatan antara Hamas dan Israel kemungkinan besar tidak mencakup pembicaraan lebih lanjut serta komponen pemantauan dan verifikasi, maka kemungkinan besar kesepakatan tersebut tidak akan menghentikan kekerasan setelah jangka waktu empat hari yang diusulkan,” tambahnya. “Tidak mengherankan jika kesepakatan itu gagal total.”

Jika gencatan tersebut bisa mewujudkan perdamaian, maka Hamas akan merugi. Kenapa? Hamas merupakan kelompok perjuangan yang menggunakan pendekatan militer untuk melenyapkan Israel. Mereka tidak ingin mencapai perdamaian. Yang mereka tuju adalah penghancuran negara Zionis.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)