Viral! Israel Dituduh Mencuri Organ Warga Palestina yang Meninggal, Ini Penjelasannya

Selasa, 28 November 2023 - 10:41 WIB
loading...
A A A
Militer Israel membenarkan bahwa pengambilan organ memang terjadi, namun hal itu berakhir pada tahun 1990-an.

“Kegiatan ini berakhir satu dekade lalu dan tidak terjadi lagi,” kata seorang juru bicara pemerintah kepadaChannel 2 yang berbasis di Israel.

Donald Bostrom—jurnalis yang menulis artikel tersebut—mengatakan tidak ada bukti pasukan Israel mencuri tubuh warga Palestina untuk pengambilan organ, namun dia yakin kebijakan donasi Israel perlu diselidiki.

Dalam pernyataannya saat itu, Kementerian Kesehatan Israel mengatakan: "Pedoman pada saat itu tidak jelas. Selama 10 tahun terakhir, Abu Kabir telah bekerja sesuai etika dan hukum Yahudi."

Meskipun Hiss dipecat dari Institut Kedokteran Forensik Abu Kabir, outlet media Israel berhaluan kiri; Haaretz, melaporkan pada tahun 2015 bahwa dia telah dibayar sebagai saksi oleh Kementerian Kehakiman Israel atas keahliannya dalam "kasus-kasus penting" sejak meninggalkan jabatannya.

Pada tahun 2008, berdasarkan Undang-Undang Transplantasi Organ, Israel melarang perdagangan organ dengan imbalan uang atau keuntungan lainnya.

Meskipun Israel telah menarik perhatian atas dugaan adanya hubungan dengan perdagangan organ global yang lebih luas, hal ini berbeda dengan tuduhan yang disampaikan oleh Gigi Hadid, antara lain, tentang pengambilan organ dari warga Palestina yang meninggal.

Video yang dimaksud dalam tweet Gigi Hadid tampaknya menunjukkan wawancara di Channel 2.

Ketika Israel memulai serangan udara dan kampanye militernya di Gaza, kisah pengambilan organ tahun 2009 muncul kembali di media sosial. Dalam beberapa kasus, cerita tersebut diangkat pada hari yang sama dengan serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober.

Beberapa influencer telah mengulangi cerita tersebut tanpa mengatakan dengan jelas apakah mereka merujuk pada kisah sejarah atau kontemporer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)