AS Desak Semua Negara Putuskan Hubungan dengan Korut

Kamis, 30 November 2017 - 11:16 WIB
AS Desak Semua Negara Putuskan Hubungan dengan Korut
AS Desak Semua Negara Putuskan Hubungan dengan Korut
A A A
NEW YORK - Amerika Serikat (AS) mendesak semua negara untuk memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Korea Utara (Korut). Hal itu sebagai hukuman atas uji coba rudal balistik terbaru negara tersebut.

Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, mengatakan bahwa mungkin untuk mengisolasi, mengurangi, dan, dengan bantuan Tuhan, membalikkan jalan yang berbahaya dari rezim Korut dan meminta semua negara untuk memutus semua hubungan dengan Korut.

"Selain menerapkan sepenuhnya semua sanksi PBB, semua negara harus memutuskan hubungan diplomatik dengan Korea Utara dan membatasi kerja sama militer, ilmiah, teknis, atau komersial," katanya.

"Mereka juga harus memotong perdagangan dengan rezim tersebut dengan menghentikan semua impor dan ekspor, dan mengusir semua pekerja Korea Utara," imbuhnya seperti dikutip dari Washington Post, Kamis (30/11/2017).

Dewan Keamanan (DK) PBB menggelar pertemuan untuk menyikapi uji coba rudal balistik terbaru yang dilakukan Korut. Pertemuan tersebut dilakukan atas permintaan AS, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel).

DK PBB telah mengeluarkan delapan resolusi sanksi terhadap Korut sejak 2006 yang berusaha menekan rezim Kim Jong-un untuk melakukan perundingan dan akhirnya menghentikan program senjata nuklirnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4743 seconds (0.1#10.140)