Miko Peled Cucu Pendiri Negara Israel tapi Bela Palestina, Ini Alasannya

Senin, 27 November 2023 - 10:29 WIB
loading...
Miko Peled Cucu Pendiri Negara Israel tapi Bela Palestina, Ini Alasannya
Miko Peled, cucu salah satu pendiri Negara Israel, tapi membela perlawanan Palestina untuk merdeka. Foto/Anadolu
A A A
GAZA - Miko Peled adalah aktivis dan penulis Israel, yang merupakan cucu salah satu pendiri Negara Israel; Avraham Katsnelson. Namun, dia lantang membela perlawanan Palestina untuk merdeka.

Ayah Miko Peled adalah Mattityahu Peled, jenderal Israel yang terlibat Perang Arab-Israel 1948 dan Perang Enam Hari 1967.

Aktivis yang juga berkewarganegaraan Amerika Serikat itu mengkritik kebijakan Israel terhadap rakyat Palestina. Dia menegaskan bahwa militer rezim Zionis tidak dapat mengalahkan perlawanan rakyat Palestina.



Dia berbicara kepada Anadolu tentang perjalanannya sebagai aktivis yang mengadvokasi hak-hak warga Palestina, dan mengevaluasi konflik yang dimulai pada 7 Oktober lalu.

“Saya berasal dari keluarga patriotik Zionis yang sangat terkemuka. Saya tumbuh sebagai seorang patriot, pendukung kuat negara saya, negara saya, dan tentu saja, Zionisme,” kata Peled, yang lahir di Yerusalem pada tahun 1961.

Dia sangat dipengaruhi oleh ide-ide ayahnya di tahun-tahun awal hidupnya, dan bertugas di militer untuk sementara waktu tetapi kemudian menyesalinya dan pergi.

“Ayah saya, ketika masih berseragam setelah perang, berkata: ‘Lihat...kita di sini selamanya, keberadaan kita tidak lagi tidak pasti atau dalam bahaya. Kita harus mengizinkan Palestina untuk memiliki negara kecil mereka di sebagian kecil dari wilayah Palestina'....Segera setelah perang berakhir, mereka mulai membangun kota-kota besar di Yerusalem Timur dan Tepi Barat," kata Peled.

Menekankan bahwa tidak ada tempat yang disebut Palestina dalam filosofi dasar Zionisme, Peled mengatakan: "Menurut Zionisme, itu adalah tanah Israel, dan tanah itu bukan milik orang Palestina yang tinggal di sana, tetapi milik semua orang Yahudi di dunia. Jika Anda punya ideologi supremasi, yaitu jika Anda berpendapat bahwa satu kelompok memiliki hak lebih dari yang lain, maka Anda harus menggunakan kekerasan. Anda harus memiliki rezim apartheid agar ideologi rasis ini terwujud. Itulah negara Israel," ujarnya.

Peled, menunjukkan bahwa masalah Israel-Palestina tidak dimulai bulan lalu, tetapi 75 tahun yang lalu dengan berdirinya Negara Israel, mengatakan: "Sebagai sebuah gerakan, Zionis dan kemudian negara yang lahir dari gerakan ini menyatakan perang terhadap rakyat Palestina. Di Dalam perang ini, kita menyaksikan pembersihan etnis, kebijakan genosida, dan rezim apartheid yang rasis.”

Menggambarkan Israel sebagai “negara teroris”, Peled menarik perhatian pada penindasan yang dialami warga Palestina selama bertahun-tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)