Komandan Top al-Qassam Hamas Tewas dalam Perang Melawan Israel

Senin, 27 November 2023 - 07:01 WIB
loading...
A A A
Laporan lain dari media lokal mengidentifikasi Siyyam sebagai tokoh senior yang memimpin divisi roket Hamas selama kurang lebih 15 tahun.

Wael Rajab, yang digambarkan sebagai wakil al-Ghandour dan mantan kepala polisi di Gaza utara, juga terbunuh, demikian pula Raafat Salman, seorang agen senior di Brigade Kota Gaza pimpinan al-Qassam yang terlibat dalam perencanaan infiltrasi paralayang bermotor pada 7 Oktober.

Komandan kelima yang tewas, Farsan Khalifa, adalah seorang agen senior di markas besar Hamas di Tepi Barat yang membantu dan dekat dengan kepemimpinan Hamas di Gaza.

Militer Israel mengatakan al-Ghandour, Siyyam dan Khalifa tewas dalam serangan yang sama, tanpa mengatakan di mana atau kapan serangan itu terjadi.

Pekan lalu, seorang pejabat senior militer Israel mengeklaim pasukannya telah membunuh lebih dari 50 komandan Hamas yang menyebabkan kerusakan signifikan terhadap kapasitas sayap militer kelompok tersebut, yang diperkirakan oleh pejabat tersebut memiliki sekitar 24.000 pejuang.

Al-Ghandour—yang nama samarannya adalah Abu Anas—dimasukkan dalam daftar hitam sanksi ekonomi Amerika Serikat pada tahun 2017 sebagai “teroris global".

Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada saat itu bahwa dia adalah anggota biro politik Hamas, serta mantan anggota dewan Syura, yang kelompoknya terdiri dari para pemimpin Hamas dari Gaza, Tepi Barat, dan luar negeri.

Disebutkan pula bahwa dia telah terlibat dalam banyak operasi termasuk serangan tahun 2006 di perbatasan Kerem Shalom yang menewaskan dua tentara Israel dan melukai empat lainnya dan menyebabkan penculikan tentara Israel Gilad Shalit, yang ditahan oleh Hamas selama lima tahun.

Dia dibebaskan pada tahun 2011 dengan imbalan 1.027 tahanan Palestina.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)