Otoritas Penjata Israel: 39 Tahanan Palestina Dibebaskan

Minggu, 26 November 2023 - 08:03 WIB
loading...
Otoritas Penjata Israel: 39 Tahanan Palestina Dibebaskan
Warga Palestina berkerumun menyambut 39 tahanan yang dibebaskan Israel. Foto/Al Jazeera
A A A
TEL AVIV - Sebanyak 39 tahanan Palestina dibebaskan sebagi bagian dari pertukaran sandera antara Israel dengan Hamas pada Sabtu waktu setempat. Hal itu diungkapkan otoritas penjara Israel.

Dilansir dari NBC News, Minggu (26/11/2023), otoritas penjara Israel mengatakan 39 tahanan tersebut dibebaskan dari tiga penjara sebagai bagian dari kesepakatan tahap kedua untuk membebaskan sandera.

Sementara itu disitir dari Al Jazeera, ribuan orang berkumpul di Tepi Barat untuk menyambut 39 tahanan Palestina yang dibebaskan. Kerumunan orang meningkat sepanjang malam dengan harapan bisa bertemu dengan para tahanan, menyapa para tahanan dan merayakannya bersama mereka serta keluarga mereka.

Banyak dari mereka mengungkapkan kegembiraan dan kelegaan secara pribadi yang luar biasa karena pada akhirnya dapat bertemu dengan orang yang mereka cintai - banyak di antara mereka telah menghabiskan banyak waktu di penjara Israel - namun juga perasaan campur aduk.

Masyarakat di Tepi Barat menyadari bahwa perang di Jalur Gaza belum akan berakhir. Masyarakat Palestina di Tepi Barat yang diduduki mempunyai rasa solidaritas yang besar dengan sesama warga Palestina di Jalur Gaza.



Ada juga kekhawatiran tentang serangan militer Israel yang sedang berlangsung di Tepi Barat yang diduduki setiap malam.

Sebelumnya, kelompok perlawanan Islam Hamas telah membebaskan 13 sandera Israel dan empat warga asing ke Komite Palang Merah Internasional pada Sabtu malam. Hal itu diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri Qatar.

Kesepakatan pembebasan sandera sempat tertunda sementara karena perselisihan mengenai pasokan bantuan di utara wilayah kantong yang terkepung.

Sayap bersenjata Hamas sebelumnya mengatakan pihaknya menunda pembebasan sandera putaran kedua yang dijadwalkan pada hari Sabtu sampai Israel memenuhi semua persyaratan gencatan senjata, termasuk berkomitmen untuk membiarkan truk bantuan masuk ke Gaza utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)