Hamas Bebaskan Sandera, Joe Biden: Ini Baru Permulaan

Sabtu, 25 November 2023 - 08:01 WIB
loading...
Hamas Bebaskan Sandera, Joe Biden: Ini Baru Permulaan
Presiden Joe Biden memuji diplomasi Amerika Serikat (AS) di balik pembebasan 24 sandera yang ditahan oleh pejuang Hamas. Foto/USA Today
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden memuji diplomasi Amerika Serikat (AS) di balik pembebasan 24 sandera yang ditahan oleh pejuang Hamas .Biden mengatakan ini adalah awal dari apa yang ia perkirakan akan menjadi pembebasan sandera lebih lanjut oleh kelompok militan Palestina dalam beberapa hari mendatang.

“Mulai pagi ini, berdasarkan kesepakatan yang dicapai melalui diplomasi ekstensif AS, termasuk berbagai seruan yang saya sampaikan dari Kantor Oval kepada para pemimpin di seluruh wilayah, pertempuran di Gaza akan dihentikan selama empat hari,” kata Biden pada konferensi pers seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (25/11/2023).

Biden menolak berspekulasi mengenai berapa lama perang Israel-Hamas akan berlangsung, namun menurutnya peluang perpanjangan gencatan senjata yang sedang berlangsung adalah nyata. Ia juga menyatakan harapannya agar warga negara Amerika yang ditahan oleh Hamas akan dibebaskan.



“Saya tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan,” ujar Biden.

“Harapan dan harapan saya adalah ketika kita bergerak maju, negara-negara Arab dan kawasan lainnya juga memberikan tekanan pada semua pihak untuk memperlambat hal ini, dan mengakhirinya secepat yang kita bisa,” tukasnya.

Pejuang Hamas membebaskan 24 sandera pada hari Jumat pada hari pertama gencatan senjata – termasuk 13 wanita dan anak-anak Israel, 10 pekerja pertanian Thailand dan seorang warga Filipina.

Para sandera dipindahkan keluar dari Gaza dan diserahkan kepada pihak berwenang Mesir di perbatasan Rafah, didampingi oleh delapan anggota staf Komite Palang Merah Internasional (ICRC) dalam konvoi empat mobil, kata ICRC.



Qatar, yang bertindak sebagai mediator perjanjian gencatan senjata, mengatakan 13 warga Israel telah dibebaskan, beberapa di antaranya memiliki kewarganegaraan ganda, ditambah 10 warga Thailand dan seorang warga Filipina. Tiga puluh sembilan perempuan dan anak-anak Palestina dibebaskan dari penjara-penjara Israel sebagai imbalan atas 13 warga Israel tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)