Kerusuhan Pecah di Dublin Pasca Aksi Penikaman

Jum'at, 24 November 2023 - 05:57 WIB
loading...
Kerusuhan Pecah di Dublin Pasca Aksi Penikaman
Kerusuhan pecah di Dublin, Irlandia setelah aksi penikaman yang melukai wanita dan anak-anak. Foto/Independent
A A A
DUBLIN - Aksi protes dengan kekerasan pecah di Dublin, Irlandia setelah aksi penikaman di luar sekolah yang menyebabkan lima orang terluka yang tiga di antaranya adalah anak-anak.

Massa yang meneriakkan slogan-slogan anti-imigran membakar mobil polisi dan menyerang beberapa petugas pada Kamis malam beberapa jam setelah seorang pria menikam seorang wanita dan tiga anak kecil, menyebabkan satu orang dalam kondisi kritis.

Sebagian massa bentrok dengan polisi, dilaporkan melukai beberapa petugas. Pihak berwenang menghentikan layanan bus dan trem di beberapa bagian Dublin dan menyerukan masyarakat untuk tetap tenang.

Kerusuhan terjadi di dekat lokasi serangan penikaman pada Kamis malam waktu setempat ketika kerumunan pengunjuk rasa berkumpul. Sebuah mobil polisi dan trem dibakar dan beberapa pengunjuk rasa terlibat perkelahian dengan garda nasional, sementara yang lain melemparkan botol ke arah petugas.

Sebuah helikopter melayang di atas ketika polisi dengan perlengkapan antihuru-hara menggunakan perisai dan pentungan untuk membersihkan kerumunan di O’Connell Street, jalan raya utama Dublin. Di ujung lain, dekat Jembatan O’Connell, api berkobar dari sisa-sisa bus dan mobil.



Orang-orang memecahkan jendela toko dan menyalakan kembang api, membuat suasama malam menjadi mencekam. Ledakan keras bergema di seluruh kota. Ketika ditanya mengapa mereka berada di sana, massa mengancam wartawan dan menyatakan media tidak mengatakan yang sebenarnya tentang imigrasi.

Komisaris garda, Drew Harris menyerukan massa agar tenang dan memperingatkan terhadap informasi yang salah saat dia mengutuk “adegan memalukan” di Dublin. Dia mengatakan “faksi gila yang didorong oleh ideologi sayap kanan” berada di balik kekacauan tersebut dan sejumlah kendaraan garda telah dirusak.

“Kami sedang menyusun sumber daya untuk menangani hal itu dan itu akan ditangani dengan benar. Saya telah memberikan arahan penuh kepada sumber daya kami di sini sehubungan dengan melakukan penangkapan dan membawa pelanggar ke pengadilan,” katanya.

“Adalah tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa kami menjaga jalan-jalan, dan salah satu bagiannya adalah kami meminta masyarakat untuk bertindak secara bertanggung jawab dan tidak mendengarkan informasi yang salah dan rumor yang beredar di media sosial. Fakta-faktanya sudah terungkap, namun faktanya masih belum jelas karena banyak rumor dan sindiran yang disebarkan untuk tujuan jahat,” imbuhnya seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (24/11/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)