Kapal Perang AS Tabrakan dengan Kapal Jepang

Minggu, 19 November 2017 - 02:53 WIB
Kapal Perang AS Tabrakan dengan Kapal Jepang
Kapal Perang AS Tabrakan dengan Kapal Jepang
A A A
TOKYO - Kapal perang Amerika Serikat (AS) jenis perusak bertabrakan dengan kapal tunda (tugboat) Jepang di Teluk Sagami, kawasan lepas pantai timur Jepang, pada hari Sabtu. Tabrakan ini tercatat sebagai insiden kelima yang melibatkan Armada Pasifik AS sepanjang tahun ini.

Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan, kapal tunda itu kehilangan tenaga penggeraknya dan bergerak menuju kapal perang USS Benfold. Tabrakan pun tak terhindarkan.

Kapal perang USS Benfold mengalami kerusakan ringan. ”Tidak ada yang terluka di salah satu kapal dan USS Benfold menderita kerusakan kecil, termasuk goresan, sambil menunggu pendataan kerusakan secara lengkap,” bunyi pernyataan armada tersebut, seperti dikutip Reuters, Minggu (19/11/2017).

Kapal USS Benfold tetap berada di laut, sedangkan kapal Jepang ditarik ke pelabuhan di Yokosuka. Angkatan Laut Amerika mengatakan bahwa insiden ini akan diselidiki.

Sepanjang tahun ini, sudah ada lima insiden yang dialami kapal-kapal perang AS. Dua dari lima insiden itu berakibat fatal.

Pada 31 Januari ketika kapal The 31 USS Antietam kandas dan menumpahkan 1.100 galon minyak ke Teluk Tokyo. Kecelakaan ini menyebabkan kerusakan senilai USD4,2 juta.

Kecelakaan kedua terjadi pada tanggal 9 Mei, di mana kapal USS Lake Champlain bertabrakan dengan kapal penangkap ikan Korea Selatan di Laut Jepang.

Pada 17 Juni, tujuh pelaut Angkatan Laut AS tewas saat kapal USS Fitzgerald bertabrakan dengan sebuah kapal kontainer Filipina pada tengah malam di barat daya Yokosuka. Kapal perang itu bocor dan tujuh pelaut tenggelam. Tiga dari komandan di kapal tersebut kemudian dicopot dari tugasnya.

Pada tanggal 21 Agustus, kapal USS John S McCain menabrak sebuah kapal komersial di Selat Malaka di lepas pantai Singapura. Sepuluh pelaut AS tewas dan lima pelaut lainnya menderita luka serius.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3450 seconds (0.1#10.140)