Pasukan Israel Mundur ke Titik yang Relatif Lebih Aman di Kota Gaza

Rabu, 22 November 2023 - 21:15 WIB
loading...
Pasukan Israel Mundur ke Titik yang Relatif Lebih Aman di Kota Gaza
Pasukan Israel berada di Jalur Gaza pada 8 November 2023. Foto/AP
A A A
JALUR GAZA - Kendaraan militer Israel telah mundur selama 48 jam terakhir, sambil mempertahankan kehadiran mereka di Jalur Gaza utara.

Langkah ini merupakan upaya nyata memposisikan diri mereka ke “titik yang relatif aman”, menurut laporan kantor berita Anadolu.

Mengutip para saksi mata, koresponden Anadolu mengatakan pasukan Israel telah mundur ke jarak lebih dari tiga kilometer ke arah barat dari lingkungan Al-Sabra dan pinggiran barat lingkungan Al-Zaytoun hingga ke Kompleks Medis Al-Shifa.

Pasukan Israel juga telah mundur dari wilayah barat-selatan di lingkungan Tal Al-Hawa dan Al-Remal, sampai ke Jalan Al-Rashid di tepi Laut Gaza, menurut saksi mata dan sumber lokal.

Di Jalur Gaza utara, pasukan kolonial Israel mempertahankan posisi mereka di daerah terbuka di kota Beit Hanoun dan Beit Lahia.

Mereka mempertahankan posisinya di kota Jabalia, setelah mencapai sekitar Rumah Sakit Indonesia.



Kemunduran Israel terjadi beberapa jam sebelum kesepakatan gencatan senjata untuk penyanderaan dicapai dengan faksi-faksi Palestina di Gaza.

Titik-titik tersebut dianggap “relatif aman” bagi pasukan Israel, karena mereka telah berada di sana sejak 27 Oktober 2023, setelah melakukan operasi penyisiran dan pemboman yang ekstensif.

Serangan brutal Israel telah menewaskan lebih dari 14.000 warga Palestina di Jalur Gaza.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0869 seconds (0.1#10.140)