Menteri Negara-negara Arab-Muslim Desak China untuk Menyerukan Gencatan Senjata di Gaza

Senin, 20 November 2023 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Duta Besar Israel untuk Beijing Irit Ben-Abba mengatakan kepada wartawan asing pada sebuah pengarahan pada hari Senin bahwa dia berharap tidak akan ada “pernyataan apa pun dari kunjungan ini mengenai gencatan senjata, sekarang bukan saat yang tepat.”

Dia mengatakan bahwa Israel berharap delegasi tersebut akan berbicara tentang sandera yang ditangkap oleh Hamas “dan menyerukan pembebasan mereka segera tanpa prasyarat,” dan menambahkan bahwa pihak-pihak yang terlibat harus berbicara bersama tentang “peran Mesir dalam memfasilitasi bantuan kemanusiaan.”

Sementara itu, Wang mengatakan Beijing adalah teman baik dan saudara bagi negara-negara Arab dan Muslim. Dia menambahkan bahwa pihaknya selalu dengan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk memulihkan hak dan kepentingan nasional mereka yang sah.

Sejak awal permusuhan, Kementerian Luar Negeri China berulang kali tidak mengecam Hamas, malah menyerukan deeskalasi dan agar Israel dan Palestina mengupayakan solusi dua negara untuk Palestina merdeka.

Sejak berakhirnya hampir tiga tahun masa lockdown akibat COVID-19 di China, Xi telah meluncurkan upaya diplomatik yang bertujuan untuk melawan Amerika Serikat dan sekutunya, yang menurutnya berupaya untuk membendung dan menindas negaranya.

Beijing telah memperdalam aliansi dengan kelompok-kelompok multilateral yang dipimpin non-Barat seperti blok negara-negara BRICS sambil memperkuat hubungan dengan negara-negara di Timur Tengah dan negara-negara Selatan.

Wang menambahkan CHina akan berupaya untuk memadamkan pertempuran di Gaza sesegera mungkin, meringankan krisis kemanusiaan dan mendorong penyelesaian masalah Palestina secara dini, komprehensif, adil dan langgeng.

Utusan khusus China untuk Timur Tengah, Zhai Jun, telah melibatkan para pejabat dari Israel dan Otoritas Palestina – yang memerintah di Tepi Barat yang diduduki – serta Liga Arab dan Uni Eropa pada tahun lalu untuk membahas solusi dan pengakuan dua negara untuk Palestina di PBB.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)