Sempat Tunda Siarannya, Shamshad TV Kembali Tayang

Rabu, 08 November 2017 - 08:10 WIB
Sempat Tunda Siarannya, Shamshad TV Kembali Tayang
Sempat Tunda Siarannya, Shamshad TV Kembali Tayang
A A A
KABUL - Kekerasan terhadap wartawan terus terjadi di Afghanistan. Teranyar, stasiun televisi lokal Shamshad TV diserang sekelompok pria bersenjata, kemarin. Sedikitnya tiga orang tewas dan 20 lainnya luka-luka. Kelompok negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku bertanggung jawab dalam serangan brutal itu.

Berdasarkan keterangan polisi, satu pelaku menyamar sebagai seorang polisi. Dia membunuh petugas keamanan Shamshad TV sebelum melepaskan tembakan kepada para karyawan di dalam sebuah gedung. Shamshad TV merupakan broadcaster berbahasa Pashto yang dikenal anti-kelompok militan seperti ISIS.

Pasukan khusus Afghanistan langsung diterjunkan. Mereka terlibat kontak senjata selama dua jam. “Lelaki berpakaian polisi datang masuk dan melempar granat tangan yang menewaskan satu petugas keamanan dan melukai yang lainnya,” kata direktor berita Shamshad Abed Ehsas kepada Tolo News TV, dikutip Reuters.

“Setelah itu, yang lainnya masuk ke dalam kantor dan mulai melepaskan tembakan. Beberapa kolega kami tertembak, meski alhamdulillah banyak yang berhasil selamat. Beberapa orang ada yang terluka, baik akibat tertembak, terkena pecahan kaca, ataupun akibat melompat dari lantai atas,” sambung Ehsas.

Selama serangan berlangsung, pasukan khusus Afghanistan meledakkan dinding beton kantor Shamshad TV agar bisa masuk. Sedikitnya seorang pelaku tewas dalam operasi di dalam gedung, sedangkan yang lainnya tewas di luar gedung. Serangan seperti ini sudah menjadi peristiwa sehari-hari di Kabul, kota paling berbahaya.

Berdasarkan laporan Kantor Berita Amaq, ISIS mengaku bertanggung jawab, meski hal ini tidak dapat diverifikasi. ISIS dilaporkan memiliki markas di Provinsi Nangarhar. ISIS juga sebelumnya mengklaim sejumlah serangan di Afghanistan. Sebaliknya, Juru Bicara (Jubir) Taliban Zabihullah Mujahid menepis keterlibatan.

Shamshad TV sempat menunda layanan siaran. Namun, dua jam kemudian, Shamshad TV memulihkan operasi. (Muh Shamil)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3994 seconds (0.1#10.140)