Israel Bom Gaza Tanpa Pandang Bulu, Negara Amerika Tengah Tangguhkan Hubungan Diplomatik

Kamis, 16 November 2023 - 01:05 WIB
loading...
Israel Bom Gaza Tanpa Pandang Bulu, Negara Amerika Tengah Tangguhkan Hubungan Diplomatik
Belize menangguhkan hubungan diplomatik dengan Israel setelah negara Zionis itu membombardir Jalur Gaza tanpa pandang bulu. Foto/Ilustrasi
A A A
BELMOPAN - Negara Amerika Tengah, Belize, menjadi negara terbaru yang mengambil sikap diplomatik terhadap Israel atas apa yang disebutnya sebagai pemboman tanpa bulu di Jalur Gaza . Negara itu memutuskan untuk menangguhkan hubungan diplomatiknya dengan Israel.

Pemerintah Belize pada hari Selasa mengumumkan bahwa mereka menarik duta besarnya dan mencabut permintaan akreditasi konsul kehormatannya di Tel Aviv.

Belmopan mengeluarkan pernyataan yang mengecam serangan “tanpa henti” militer Israel terhadap wilayah kantong Palestina yang terkepung dan memblokir bantuan.



“Pemerintah Belize telah berulang kali mengutuk tindakan (militer Israel) di Gaza," bunyi pernyataan pemerintah Belize.

“Kami telah meminta Israel untuk segera menerapkan gencatan senjata dan mengizinkan akses tanpa hambatan terhadap pasokan kemanusiaan ke Gaza," sambung pernyataan itu.

“Meskipun ada permintaan kami, Israel belum menghentikan pelanggarannya terhadap hukum kemanusiaan internasional atau mengizinkan pekerja bantuan untuk meringankan penderitaan jutaan orang,” lanjut pernyataan itu sepeti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (16/11/2023).

Keputusan Belize mengikuti langkah serupa yang dilakukan beberapa negara bagian Amerika Latin lainnya. Bolivia memutuskan hubungan dengan Israel pada 1 November, sementara Kolombia, Chile dan Honduras telah menarik duta besar mereka.



Perpecahan juga semakin mendalam antara Tel Aviv dan beberapa negara Timur Tengah dan Afrika. Turki, Bahrain, Yordania, Chad, dan Afrika Selatan semuanya telah menarik diplomat utama mereka sejak perang pecah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)