Presiden Trump: Beberapa Orang Panggil Xi Jinping 'Raja China'

Kamis, 26 Oktober 2017 - 23:14 WIB
Presiden Trump: Beberapa Orang Panggil Xi Jinping Raja China
Presiden Trump: Beberapa Orang Panggil Xi Jinping 'Raja China'
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengucapkan selamat kepada Presiden China Xi Jinping karena telah memperkuat kekuatannya sebagai pemimpin China. Ia mencatat bahwa beberapa orang menganggapnya kedudukan dan ikatan di antara mereka tidak ada bandingannya.

"Dia mewakili China, saya mewakili Amerika Serikat, jadi Anda tahu, pasti akan ada konflik, tapi kita memiliki hubungan yang sangat baik," kata Trump seperti dikutip dari laman Time, Kamis (26/10/2017).

"Orang mengatakan bahwa kita memiliki hubungan terbaik antara presiden manapun, karena dia juga disebut presiden," sambungnya dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada Rabu malam.

"Sekarang beberapa orang mungkin memanggilnya raja China. Tapi dia disebut presiden, tapi kami memiliki hubungan yang sangat baik dan itu adalah hal yang positif," kata Trump melanjutkan.

Komentar Trump datang beberapa hari setelah Xi Jinping tidak hanya mengkonsolidasikan pengunciannya pada kepresidenan China selama lima tahun lagi, namun namanya diabadikan dalam konstitusi nasional, menjadikannya pemimpin paling kuat di negara ini sejak Mao Zedong.

Trump mengaku bahwa dia baru saja berbicara dengan Jinping sebelum wawancara tersebut, namun tidak memberikan rincian tentang pembicaraan via telepon tersebut. Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan resmi bahwa kedua pemimpin tersebut berbicara mengenai kerja sama antara negara mereka, yang mencakup usaha untuk menyingkirkan senjata nuklir Korea Utara, dan kunjungan Trump yang akan datang.

Tapi Trump telah mengkritik China di masa lalu. Saat kampanye, dia mengatakan China "memperkosa" AS dengan defisit perdagangan, dan dia telah mengkritik negara tersebut karena tidak bertindaknya terhadap Korea Utara sejak dia menjabat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4634 seconds (0.1#10.140)