Dianggap Terlibat Genosida Israel di Jalur Gaza, Biden Digugat Warga AS

Selasa, 14 November 2023 - 19:11 WIB
loading...
Dianggap Terlibat Genosida Israel di Jalur Gaza, Biden Digugat Warga AS
Presiden AS Joe Biden an dua anggota kabinetnya dituntut karena gagal mencegah dan membantu serta bersekongkol dalam genosida di Jalur Gaza. Foto/Al Jazeera
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) dan dua anggota kabinetnya dituntut karena gagal mencegah dan membantu serta bersekongkol dalam genosida di Jalur Gaza .

Pengaduan federal (PDF) telah diajukan terhadap Presiden Joe Biden, Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Llyod Austin pada Senin waktu setempat. Mereka dituduh gagal mencegah dan terlibat dalam genosida yang sedang berlangsung oleh pemerintah Israel di Jalur Gaza.

Kelompok kebebasan sipil di New York, Center for Constitutional Rights (CCR), mengajukan gugatan atas nama organisasi hak asasi manusia Palestina, warga Palestina di Gaza dan warga AS yang memiliki kerabat di daerah kantong terkepung yang telah menghadapi pemboman tanpa henti selama lebih dari sebulan oleh Israel, yang menerima dana dan senjata dari pemerintah AS.

Lebih dari 11.200 warga Palestina telah terbunuh di Gaza sejak Israel melancarkan serangan pada 7 Oktober. Serangan ini menyusul serangan Hamas di Israel, yang menewaskan sekitar 1.200 orang.

“Banyak pemimpin pemerintah Israel telah menyatakan niat genosida dengan jelas dan menerapkan karakterisasi yang tidak manusiawi terhadap warga Palestina, termasuk ‘manusia hewan’,” tulis CCR dalam pengantar tuntutannya seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (14/11/2023).

Dikatakan bahwa "pernyataan niat" tersebut, jika digabungkan dengan "pembunuhan massal" terhadap warga Palestina, mengungkapkan bukti kejahatan genosida yang sedang berlangsung.



Banyak pakar hukum, kelompok hak asasi manusia, dan aktivis kemanusiaan juga menyebut tindakan Israel di Gaza sebagai genosida.

“Segera setelah peluncuran kampanye pengeboman Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya di Gaza, Presiden Biden menawarkan dukungan yang 'tak tergoyahkan' kepada Israel, yang secara konsisten diulangi olehnya dan para pejabat pemerintah dan didukung dengan dukungan militer, dukungan finansial dan politik, bahkan ketika korban sipil massal meningkat seiring dengan retorika genosida Israel,” kata CCR.

Gugatan tersebut mencatat bahwa AS adalah sekutu terdekat dan pendukung terkuat Israel, serta penyedia bantuan militer terbesar – dan Israel menjadi penerima kumulatif terbesar bantuan luar negeri AS sejak Perang Dunia II.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)