alexa snippet

Rusia Bakal Kirim Lebih Banyak Rudal Iskandar ke Wilayah Baltik

Rusia Bakal Kirim Lebih Banyak Rudal Iskandar ke Wilayah Baltik
Rusia disebut akan menempatkan lebih banyak rudal Iskandar di Baltik sebagai respon penempatan pasukan AS di Polandia. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Rusia mungkin akana menanggapi pengerahan sebuah divisi persenjataan Amerika Serikat (AS) di Polandia dengan memperkuat sistem rudal Iskander di Wilayah Kaliningrad. Demikian pernyataan Kepala komite urusan pertahanan parlemen Rusia, Vladimir Shamanov.

"Ini menciptakan prasyarat yang pada akhirnya memungkinkan mereka menciptakan kubu tertentu Kami pasti tidak akan menutup mata terhadap hal ini Kami akan melakukan tindakan pembalasan," kata Shamanov seperti dinukil dari laman TASS, Jumat (13/10/2017).

Dia berspekulasi bahwa penempatan pasukan ekstra di wilayah barat Rusia merupakan respons yang mungkin terjadi. "Bukan hanya personil, tapi juga peralatan tempur. Misalnya, kelompok rudal Iskander, termasuk di Kaliningrad, dapat ditingkatkan," dia berspekulasi.

Rudal Iskander memiliki jangkauan hingga 500 kilometer (310 mil) dan presisi tinggi, memungkinkannya untuk menargetkan fasilitas di beberapa negara anggota NATO dengan akurasi yang tepat. Ini bisa dipasang dengan hulu ledak konvensional atau nuklir.

AS sepakat mengirim 2.700 tentara untuk beberapa gelombang dan rencananya akan mengirim total 3.500 tentaranya ke Eropa. Pengiriman ribuan tentara AS itu bagian dari operasi “Atlantic Resolve” di bawah operasi NATO.

Tujuan pengerahan ribuan tentara AS itu untuk menunjukkan komitmen Washington dalam melindungi sekutu-sekutu NATO di Eropa dari ancaman agresi Rusia.

Polandia dan negara-negara Baltik pecahan Soviet telah meminta pasukan AS dan NATO setelah Rusia menganeksasi Crimea dari Ukraina pada tahun 2014. Negara-negara sekutu NATO itu takut Rusia di bawah pemerintahan Presiden Vladmir Putin akan melakukan agresi terhadap mereka.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top