Polandia akan Perluas Pangkalan Udara Amerika Serikat

Selasa, 08 November 2022 - 14:01 WIB
loading...
Polandia akan Perluas Pangkalan Udara Amerika Serikat
Tank AS dan kendaraan tempur lainnya disimpan di pangkalan militer NATO di Polandia. Foto/world beyond war
A A A
WARSAWA - Polandia akan memperluas pangkalan militer yang menampung Brigade Penerbangan Tempur Amerika Serikat (AS) di tahun-tahun mendatang.

Menteri Pertahanan (Menhan) Polandia Mariusz Blaszczak mengumumkan hal itu pada Senin (7/11/2022) selama kunjungan ke fasilitas tersebut.

Terletak di pusat kota Polandia, Powidz, pangkalan tersebut diharapkan dapat memperkuat kemampuan operasi Angkatan Udara AS untuk mendukung pasukan Polandia dan NATO di wilayah tersebut.

“Fasilitas itu akan mendapatkan hanggar dan gudang baru serta fasilitas penyimpanan bahan bakar curah di dekatnya,” ungkap dia, didampingi Duta Besar AS untuk Polandia Mark Brzezinski.



Pangkalan Powidz menampung helikopter serang Apache AS.

“Powidz berubah menjadi kompleks militer, bersiap mendukung pasukan Polandia dan NATO di sisi timur Aliansi Atlantik Utara,” papar Blaszczak di tengah ketegangan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara NATO dan Rusia atas serangan militer Moskow yang terus berlanjut di Ukraina.

Perluasan pangkalan datang sebagai bagian dari Perjanjian Kerjasama Pertahanan yang Ditingkatkan 2020 antara Washington dan Warsawa.



“Kesepakatan itu menciptakan kondisi untuk kehadiran permanen Angkatan Bersenjata AS di Polandia," ungkap Kementerian Pertahanan Polandia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)